home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Waspada Penipuan, Kenali Pesan Hoax yang Mengatasnamakan WhatsApp

Kamis, 10 Januari 2019 11:41 by fzhchyn | 1307 hits
Waspada Penipuan, Kenali Pesan Hoax yang Mengatasnamakan WhatsApp
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Kasus penipuan yang mengatasnamakan WhatsApp memang sering terjadi, mengingat itu adalah salah satu aplikasi chatting paling populer dan banyak digunakan. Namun sebagai pengguna, kita juga harus cerdas sehingga dapat terhindar dari tindak kejahatan tersebut.

WhatsApp menuturkan, pihaknya giat berupaya mengurangi pesan spam yang datang melalui sistem mereka. Melansir Detik, WhatsApp menyampaikan bahwa membuat ruang yang aman bagi para pengguna untuk berkomunikasi dengan satu sama lain adalah prioritas utama mereka.

Namun, seperti halnya dengan SMS biasa atau panggilan telepon, sangat memungkinkan bagi pengguna WhatsApp lain yang memiliki nomor telepon Anda untuk menghubungi Anda. "Oleh karena itu, kami ingin membantu Anda mengidentifikasi dan menangani pesan ini," tulis WhatsApp seperti dikutip dari blog resmi miliknya.

WhatsApp memaparkan, pesan tak diinginkan dari pihak ketiga yang tidak sah datang dalam berbagai format, seperti misalnya spam, penipuan (hoax), dan pesan pengelabuan (phishing). "Semua tipe pesan tersebut secara luas dikategorikan sebagai pesan tak diinginkan dari pihak ketiga yang tidak sah yang mencoba untuk menipu dan mendorong Anda untuk melakukan tindakan tertentu," ungkapnya.

Baca juga: Tersebar Hoax Ratu Elizabeth Meninggal Dunia

Kita mungkin saja menjadi target skema penipuan di atas, baik melalui aplikasi whatsApp maupun email. Mengatasi upaya penipuan atas WhatsApp itu, sebenarnya bisa diatasi sejak awal. Caranya sebagai berikut:

- Pengirim pesan mengaku berafiliasi dengan WhatsApp.
- Pesan berisi instruksi yang meminta kalian untuk meneruskan pesan.
- Pesan mengklaim bahwa kalian dapat menghindari hukuman, seperti suspensi/blokir akun jika kalian meneruskan pesan tersebut.
- Pesan berisi imbalan atau hadiah dari WhatsApp atau orang lain.

Jika kita menerima pesan seperti itu, WhatsApp merekomendasikan pengguna untuk memblokir pengirim pesan, mengabaikan isi pesan dan menghapusnya. "Untuk melindungi kontak kalian dari potensi bahaya, mohon jangan pernah meneruskan pesan ini kepada orang lain," pungkas WhatsApp.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)