home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Meski Banyak Digunakan, Ini yang Buat WhatsApp Belum Jadi Aplikasi Chatting Terbaik

Jumat, 11 Januari 2019 11:00 by fzhchyn | 2372 hits
Meski Banyak Digunakan, Ini yang Buat WhatsApp Belum Jadi Aplikasi Chatting Terbaik
Image source: BGR

DREAMERS.ID - Jika diminta untuk menyebut satu aplikasi instan paling populer saat ini, pasti kebanyakan orang menyebut WhatsApp. Bagaimana tidak? Setidaknya ada lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia yang bergantung pada aplikasi ini untuk berkomunikais.

Namun jika dibilang menjadi yang terbaik apalagi sempurna, WhatsApp sebenarnya masih memiliki beberapa kekurangan dan perlu dilakukan peningkatan. Melansir dari Business Insider, berikut adalah 5 hal yang membuat WhatsApp belum menjadi aplikasi chatting terbaik.

1. Menurunkan Kualitas Foto 

Mengutip Detik, salah satu alasan utama di balik kesuksesan WhatsApp adalah kemampuannya untuk bisa mengirim foto secara langsung dengan melakukan proses compressing (kompresi). Kompresi ini sebenarnya tidak merusak file gambar, namun setelah sejumlah update, dalam beberapa kasus, foto-foto yang dikirim lewat WhatsApp menjadi blur, tidak jelas bahkan pecah. 

Sebelumnya, foto yang dikirim lewat WhatsApp dikurangi resolusinya menjadi 1024x768 pixel atau 1600x900 dari resolusi aslinya. Kini, foto dengan aspek rasio 16:9 diturunkan kualitasnya menjadi sekitar 800x450 pixel, dan foto dengan aspek rasio 4:3 punya resolusi maksimal 800x600 pixel. 

2. Privasi 

Perlu diingat, WhatsApp membuat nomor telepon kita bisa terakses publik dan memunculkan sejumlah masalah terkait privasi. Dengan demikian, mudah bagi sembarang orang untuk mendapatkan nomor telepon pribadi kita melalui WhatsApp. Akan lebih baik jika WhatsApp menggunakan nama pengguna dan menghubungkannya dengan nomor telepon, seperti cara DNS bekerja.

Baca juga: Inilah Daftar Ponsel yang Tidak Bisa Gunakan WhatsApp di Tahun 2021

3. Hanya Bisa Diaktifkan di Satu Perangkat 

Bagi pengguna yang punya dua smartphone, tablet atau PC, in akan menyulitkan, karena WhatsApp hanya bisa diaktifkan di satu perangkat. Keberadaan WhatsApp web terbilang sia-sia, karena keterbatasan ini juga berlaku di WhatsApp untuk perangkat laptop tersebut. 

Bandingkan dengan Facebook atau Hangouts milik Google, keduanya bisa digunakan di beberapa perangkat sekaligus secara independen. Telegram lebih unggul dalam hal ini. Aplikasi messenger ini bisa digunakan di semua perangkat kalian secara bersamaan, sehingga pesan tersinkronisasi dengan mulus ke semua perangkat.

4. Chat Log Tidak Aman 

Chat log atau transkrip percakapan WhatsApp disimpan di SD card dan bisa dengan mudah dibaca aplikasi lain, mengingat sebagian besar orang akan memberikan akses ke semua aplikasi di ponsel mereka. Perlu diketahui, database WhatsAppp adalah database SQLite3 yang bisa diubah ke format Excel untuk lebih mudah diakses. 

5. Tidak ada lock/unlock

Ketika pengguna memberikan ponsel ke seseorang, tidak ada jaminan orang itu tidak akan kepo pesan WhatsApp di ponsel kalian, termasuk foto pribadi (jika ada). Banyak aplikasi pesan instan yang sudah membenamkan otorisasi sidik jari, namun fitur ini belum tersedia bagi pengguna WhatsApp.  Namun kabarnya, baru-baru ini WhatsApp Beta untuk iOS sudah punya fungsi otentikasi dengan sidik jari.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)