home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap Rusia Ternyata Jadi Dalang Serangan Siber Terhadap Indonesia Sepanjang 2018

Senin, 11 Februari 2019 11:51 by nicnov | 1180 hits
Terungkap Rusia Ternyata Jadi Dalang Serangan Siber Terhadap Indonesia Sepanjang 2018
Image source: Wccftech

DREAMERS.ID - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) baru saja mengeluarkan hasil laporan dari kerja sama dengan Indonesia Honeynet Project (IHP). Dalam forum Cyber Corner yang dilaksanakan di Jakarta, laporan itu lantas diberikan secara simbolis kepada perwakilan media.

Dalam sambutannya, Kepala BSSN, Djoko Setiadi menyebut kerja sama ini merupakan respon BSSN terhadap keamanan siber Indonesia. Sementara laporan ini dibuat sebagai pertanggungjawaban BSSN kepada publik.

Laporan ini tidak hanya berisi mengenai serangan malware yang menyerang Indonesia, melainkan hasil pemantauan trafik dan deteksi serangan siber termasuk malware, ditambah analisis tiga malware terbanyak.

Salah satu temuan yang paling menarik dari berbagai serangan malware ini adalah adanya laporan mengenai Rusia merupakan negara yang sering melakukan serangan siber kepada Indonesia.

Walau banyaknya serangan berasal dari Rusia, Direktur Deteksi dan Ancaman BSSN, Sulistyo menyebut bukan berarti serangan itu langsung dari negara tersebut.

Beliau menjelaskan kepada awak media pada 7 februari 2019 di Jakarta, “jadi yang kita deteksi adalah nomor internet protocol (IP), bisa jadi penyerang hanya menggunakan Rusia sebagai proxy. Belum dapat dikatakan Rusia sebagai dalang serangan siber tersebut.”

(nino)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)