home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kopi Kekinian Makin Menjamur, Waspadai Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

Senin, 11 Maret 2019 18:45 by fzhchyn | 3025 hits
Kopi Kekinian Makin Menjamur, Waspadai Dampak Buruknya Bagi Kesehatan
Image source: istyle

DREAMERS.ID - Banyaknya kedai kopi kekinian bermunculan saat ini menandakan gaya hidup orang zaman sekarang yang tak lepas dari kebiasaan minum kopi. Nongkrong ‘ngopi cantik’ juga sudah menjadi kegiatan yang lumrah di kalangan anak muda dan dewasa.

Kopi memang diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian tahun 2014 dari Diabetes Care dan American Journal of Epidemiology, kebiasaan minum kopi bisa mengurangi risiko penyakit diabetes.

Penelitian dari Clinical Nutrition di tahun 2016 juga menyatakan konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 10 persen setiap cangkirnya. Selain itu kemungkinan menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung sebanyak 21 persen.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Hanya saja, tidak semua orang menyukai rasa pahit dari kopi sehingga memilih untuk menambahkan gula. Kebiasaan itulah yang menyebabkan jumlah orang penderita diabetes meningkat. Mengutip CNN, berdasarkan data IDF Diabetes Atlas pada tahun 2017, Indonesia menduduki posisi keenam sebagai penderita diabetes terbesar sebanyak 10,3 juta orang.

Ada beberapa ciri orang yang mengalami diabetes. Orang yang menderita diabetes akan mudah lelah, sering mengantuk, dan mudah lapar. Penderita diabetes tidak bisa sembuh total, namun diabetes bisa disembuhkan. Melainkan hanya dikontrol kadar gula darah dalam tubuhnya.

Dokter ahli penyakit dalam Mulyani Anny Suryani Gultom menyarankan beberapa tips untuk mencegah diabetes, yaitu dengan membatasi asupan gula, olahraga rutin, tidur cukup, dan melakukan cek darah secara rutin.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)