home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dialog Trump - Kim Jong Un Buntu, Tingkat Kepercayaan Warga Korsel ke Presiden Moon Jae In Anjlok

Jumat, 15 Maret 2019 16:45 by muthiasp | 2647 hits
Dialog Trump - Kim Jong Un Buntu, Tingkat Kepercayaan Warga Korsel ke Presiden Moon Jae In Anjlok
Image source: Getty Images

DREAMERS.ID - Presiden Moon Jae In bagaikan penyelamat warga Korea Selatan saat kasus korupsi besar Park Geun Hye terungkap. Belakangan ini, ia aktif mengupayakan perdamaian Semenanjung Korea, namun diskusi yang juga melibatkan Amerika Serikat tak kunjung berbuah hasil.

Seperti yang diketahui, Donald Trump dan Kim Jong Un tidak menemui kesepakatan ketika melangsungkan pertemuan kedua di Hanoi, Vietnam, akhir bulan Februari kemarin. Hal itu rupanya memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap tingkat kepercayaan warga Korsel kepada Moon Jae In.

Dilaporkan oleh Chosun Ilbo, tingkat penolakan Presiden Moon Jae In melampaui angka 50 persen minggu ini, lebih banyak peringkat persetujuannya. Naik 3,3 poin persentase dari minggu lalu. Sementara tingkat persetujuannya adalah 45 persen, turun 1,3 poin persentase, berdasarkan data Realmeter.

Baca juga: Korea Selatan Resmi Larang Penjualan Daging Anjing Yang Sudah Dilakukan Beradab-Abad

Lebih lanjut, nilai elektabilitasnya anjlok secara signifikan di antara orang-orang moderat, dari 51,1 persen menjadi 41 persen, orang berusia 30-an dari 66,2 persen menjadi 50,4 persen, dan mereka yang berusia 50-an dari 46,4 persen menjadi 38,6 persen.

Penurunan ini terutama terjadi di Busan, Ulsan, dan Provinsi Gyeongsang Selatan, di mana peringkat persetujuannya turun dari 42,5 persen menjadi 37,1 persen, serta di wilayah ibu kota Seoul (dari 52,8 persen menjadi 44,2 persen).

Realmeter berspekulasi jika itu terkait dengan buntunya akhir dari pertemuan Trump dan Kim Jong Un di Hanoi, "Ketidakpercayaan masyarakat terhadap niat Korea Utara untuk melakukan denuklirisasi dan kebijakan Korea Utara dari pemerintahan Moon Jae In telah meningkat sejak runtuhnya KTT AS-Korea Utar di Hanoi bulan lalu”. 

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)