home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penegasan KPU Mengapa Link Berita dari Kubu Prabowo-Sandi Tak Bisa Jadi Bukti Di Sidang MK

Selasa, 18 Juni 2019 12:20 by reinasoebisono | 16772 hits
Penegasan KPU Mengapa Link Berita dari Kubu Prabowo-Sandi Tak Bisa Jadi Bukti Di Sidang MK
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Sidang lanjutan di Mahkamah Konstitusi terkait gugatan kecurangan Pemilu 2019 yang diajukan oleh pihak BPN Prabowo-Sandi digelar hari ini, Selasa (18/6).

KPU sebagai pihak termohon atas gugatan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pun menanggapi dalil kubu Prabowo-Sandi atas tuduhan adanya kecurangan secara sistematis, terstruktur, dan masif (TSM).

Via laman Liputan6, kuasa hukum KPU, Ali Nurdin mengatakan bukti-bukti yang diajukan kubu Prabowo-Sandi ke MK tidak memenuhi syarat administrasi sehingga tidak bisa dijadikan alat bukti. Salah satunya yang disinggung adalah link berita.

Merujuk Pasal 36 Peraturan Mahkamah Konstitusi (PMK) Nomor 4 Tahun 2018 tentang tata beracara dalam PHPU Pilpres, alat bukti baik berupa surat atau tulisan, keterangan saksi, keterangan ahli, Ali menegaskan link berita daring yang dijadikan bukti dalam sengketa ini tidak sesuai dengan peraturan yang ada.

Baca juga: Anak Muda Harus Tahu! Ini Lho Detail Putusan MK Soal Batas Usia Capres-Cawapres yang Diusung Mahasiswa

"Print out berita online bukanlah dokumen resmi yang dapat menjadi rujukan dalam pembuktian suatu perkara," ujar Ali ketika membacakan jawaban pihak termohon.

Karena alasan itulah ia meminta MK tidak menerima bukti link berita tersebut sebagai acuan pemeriksaan ada tidaknya kecurangan TSM oleh pihak termohon.

"Alat bukti yang diajukan pemohon tidak memenuhi syarat alat bukti, yakni hanya print out berita online. Bukti link pemohon bukan alat bukti berupa surat atau tulisan," ujar Ali.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)