home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Bingung, Pahami Lebih Jauh Tips Memilih Makanan Korea yang Enak Nan Halal di Ibu Kota

Rabu, 10 Juli 2019 18:05 by reinasoebisono | 3132 hits
Jangan Bingung, Pahami Lebih Jauh Tips Memilih Makanan Korea yang Enak Nan Halal di Ibu Kota
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Tidak bisa dipungkiri jika demam hallyu wave atau tren Korea Selatan telah merambah ke gaya hidup di Indonesia, salah satunya adalah kuliner. Selain produk-produk makanan yang banyak beredar, tak sedikit juga tempat makan dengan menu Korea Selatan yang enak menjamur dan bisa jadi referensi tempat hangout asyik di ibu kota.

Namun masih ada beberapa kekhawatiran atau kebimbangan konsumen, khususnya Muslim dalam memilih produk atau lokasi kuliner Korea Selatan terutama di Kota Jakarta. Karena sebenarnya, berdasarkan peraturan Kepala BPOM Nomor 12 Tahun 2016,  pangan olahan yang mengandung bahan tertentu yang berasal dari babi harus mencantumkan tanda khusus berupa tulisan 'mengandung babi'.

Simak juga yuk beberapa cara memastikan kehalalan makanan atau lokasi apakah restoran favorit kamu halal:

Logo Halal

Cara paling mudah dan secara kasat mata tentu saja dengan mengecek apakah ada logo halal atau tidak. Di beberapa restoran, biasanya terpajang logo Halal MUI. Namun ada banyak pula restoran yang mengklaim menunya halal namun belum memiliki logo Halal karena beberapa alasan.

Untuk di produk makanan Korea, kamu bisa menemukan logo Halal seperti gambar masjid warna hijau dengan tulisan ‘Halal’ di dalam kotak berwarna putih. Karena menurut akun Instagram importir makanan Korea @jeomsimid, selama tidak ada logo Halal, berarti produk tersebut, seperti contohnya adalah Samyang Buldak tidak halal.

Komposisi Makanan

Baca juga: Pentingnya Posisi Tangan Saat Berfoto, Berikut Ini Adalah Tips Untuk Kamu Yang Berhijab Agar Foto OOTD Kamu Terlihat Keren!

Selain yang secara gamblang seperti pork atau lard, pastikan pula tidak ada kata dwaegi gogi di komposisi atau kandungan makanan Korea yang kamu incar. Jeomsim ID kembali menyarankan untuk membaca secara seksama komposisi dalam bahasa aslinya, jangan hanya mengandalkan Bahasa Inggris atau Indonesia untuk produk kuliner yang akan kamu beli.

Selain itu, bisa juga hindari kata-kata sul atau alkohol dan donji alias lemak babi. Sebaiknya hindari juga produk Korea Selatan yang berbahan gelatin karena produk Korea berbahan gelatin didominasi oleh gelatin babi.

Pastikan dengan Aplikasi Halal

Perkembangan teknologi kekinian, ada beberapa aplikasi yang memungkinkan kamu mengecek apakah suatu produk halal. Tapi bagaimana dengan tempat makannya? Jangan khawatir, karena sekarang ada aplikasi dengan fitur pemilihan resto Halal, termasuk restoran Korea kesayangan kamu.

Fitur Halal Radar dalam aplikasi Muslimnesia di bagian menu Tempat Makan akan memperlihatkan restoran mana saja yang halal di dekatmu dengan tampilan eye-catchy bergaya GPS. Dengan rekomendasi tersebut, kamu tidak perlu bingung lagi saat memasuki lokasi kuliner Korea ‘buruan’ kamu.

Langsung download aplikasi wajib anak muda kekinian, Muslimnesia untuk Android atau pun iOs agar mempermudah gaya hidup Halal kamu. Bangga dengan Aplikasi Anak Bangsa dan semangat menjadi #MuslimBaik #SIAPLebihBaik!

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)