home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ada Bahayanya Mengkonsumsi Nasi Sisa Kemarin

Rabu, 17 Juli 2019 15:50 by Rie127 | 5742 hits
Ternyata Ada Bahayanya Mengkonsumsi Nasi Sisa Kemarin
Image Source: Okezone

DREAMERS.ID - Pernahkah kamu mengkonsumsi nasi yang dipanaskan kembali dari sisa kemarin? Jika pernah, mungkin kamu bisa lebih berpikir dua kali lagi untuk memanaskan kembali nasi sisa kemarin, karena faktanya mengkonsumsi nasi sisa kemarin yang telah dipanaskan dapat mengganggu kesehatan kita.

Dilansir dari Independent.co.uk, National Health Service (NHS), sebuah layanan kesehatan publik di Inggris, Wales, dan Skotlandia, mengatakan bahwa pada saat kita mengkonsumsi nasi sisa kemarin, kita dapat mengalami keracunan, walaupun nasi tersebut sudah dipanaskan kembali.

Namun permasalahannya penyebab keracunan makanan ini disebabkan dari cara bagaimana nasi disimpan setelah dimasak pertama kali, bukan karena nasi tersebut dipanaskan kembali atau tidak.


Image Source: Kompas

Diketahui bahwa beras biasanya mengandung spora Bacillus cereus, sel yang mampu bereproduksi dengan cepat dan bisa merubah menjadi untai bakteri. Jika nasi dibiarkan berada pada suhu kamar setelah dimasak, spora dapat tumbuh menjadi bakteri, yang pada akhirnya akan berlipat ganda.

Baca juga: Viral Menanak Nasi Dengan Ayam Goreng A La Jepang, Ini Resep Mudahnya!

Hal ini dapat menyebabkan keracunan, muntah dan diare. Jadi, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan nasi dengan benar dan bisa memanaskannya kembali.

Maka dari itu, NHS merekomendasikan untuk segera menyajikan nasi setelah dimasak. Lalu dinginkan sisa nasi secepat mungkin, ideal waktu untuk mendinginkan sisa nasi adalah 1 jam.

Setelah itu, simpanlah nasi di kulkas namun tidak boleh lebih dari satu hari sebelum dipanaskan ulang. Terakhir, jangan pernah mencoba memanaskan nasi sisa lebih dari satu kali. 

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)