home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makan Pisang dalam Jumlah Banyak Dapat Menyebabkan Kematian, Ini Penjelasannya

Rabu, 24 Juli 2019 12:45 by Rie127 | 16209 hits
Makan Pisang dalam Jumlah Banyak Dapat Menyebabkan Kematian, Ini Penjelasannya
Image Source: Hello Sehat

DREAMERS.ID - Apakah kamu pernah mendengar mitos tentang pisang? Beberapa tahun yang lalu, sempat beredar kabar jika mengkonsumsi pisang dalam jumlah yang banyak akan berbahaya bagi tubuh hingga menyebabkan kematian.

Namun, gagasan ini bukanlah sebuah gagasan yang tidak mendasar. Gagasan ini muncul karena kandungan kalium yang terdapat di dalam buah pisang. Satu buah pisang mengandung kalium sebesar 400 mg. Sedangkan manusia membutuhkan lebih dari 10 kali lipat, atau 4800 mg untuk memberikan efek dari mengkonsumsi pisang.

Sayangnya, jika mengkonsumsi buah pisang dalam jumlah yang banyak maka akan berdampak negatif bagi kesehatan. Para ahli kesehatan mangatakan, jika tingkat kalium dalam tubuh terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat menyebabkan seseorang mangalami sakit perut, diare, mual, dan membuat denyut jantung tidak stabil.


Image Source: Tempo

Layanan Kesehatan Nasional Inggris menyebutkan, bahwa orang dewasa perlu mengonsumsi sekitar 3.500 mg kalium per hari. Pisang dengan berat rata-rata 125 gram mengandung 450 mg kalium. Artinya, seseorang dapat mengonsumsi setidaknya 7,5 pisang sebelum mencapai batas maksimal.

Hal lain yang membuat banyak orang khawatir adalah zat radioaktif yang terdapat pada pisang. Namun, Collins mengatakan hal tersebut tak perlu dikhawatirkan.  "Zat radioaktif dalam pisang tak seperti pada kacang Brazil, masih aman jika dikonsumsi dalam jumlah sedang," kata Collins.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)