home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hari Lipstik Internasional, Yuk Tengok Sejarah Panjang Lipstick Hingga Jadi Tren Mode Masa Kini

Senin, 29 Juli 2019 23:00 by bellaevania | 738 hits
Hari Lipstik Internasional, Yuk Tengok Sejarah Panjang Lipstick Hingga Jadi Tren Mode Masa Kini
Image Source: LANEIGE Singapore

DREAMERS.ID - Setiap tanggal 29 Juli, selalu diperingati sebagai hari lipstick internasional. Siapa sangka, perwarna bibir yang kini telah jadi kebutuhan wanita sehari-hari ini memiliki sejarah panjang.

Rupanya lipstick sudah ada sejak zaman prasejarah. Dahulu, manusia memiliki kebutuhan untuk membedakan diri mereka satu sama lain. Dalam peradaban kuno, tata rias adalah simbol status baik untuk pria dan wanita. Selain estetika, makeup juga berfungsi sebagai pengobatan.

Bangsa pertama yang memakai lipstick adalah bangsa Sumeria yang hidup di Mesopotamia Selatan. Saat itu pewarna bibir dibuat dari buah-buahan, henna, karat tanah liat dan serangga. Lalu, wanita Mesopotamia menumbuk perhiasan untuk menambah warna dan kilau di bibir mereka.

Evolusi pembuatan liptik tebesar terjadi di Mesir Kuno, saat penduduk tak hanya memakai kosmetik untuk estetika saja, tetapi juga untuk melindungi diri dari sengatan matahari dan angin gurun. Awalnya lipstick dibuat dengan kombinasi bahan bahan-bahan yang bisa menybabkan penyakit seperti rumput laut, yodium, dan bromin mannite.

Baca juga: Ternyata Ada Alasan Krusial di Balik Lipstik Merah Pramugari

Akhirnya ditemukan cara mengesktrak warna merah dengan bahan yang bersahabat yaitu kumbang dan semut. Cleopatra adalah wanita yang terkenal dengan lipstick warna merah. Namun setelah 1.500 tahun zaman Cleopatra, produk kosmetik terutama lipstick hampir tidak ada.

Hal ini disebabkan kondisi ekonomi yang buruk, terjadinya perang dan kurangnya kemajuan ilmu pengetahuan dan mode. Tetapi popularitas lipstick kembali bangkit di akhir abad ke-1 hingga awal abad ke-20 ketika terjadi revolusi industri dan kebangkitan film hingga fotografi. Lalu mulai sejak 1920 lipstik berhasil menyebar ke seluruh dunia dan menjadi kiblat mode modern.

(bef)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)