home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Awas, Pola Tidur Tak Teratur Buat Orang Lebih Mudah Terkena Penyakit

Kamis, 08 Agustus 2019 23:00 by fzhchyn | 783 hits
Awas, Pola Tidur Tak Teratur Buat Orang Lebih Mudah Terkena Penyakit
Image source: Vice

DREAMERS.ID - Buruknya kualitas tidur maupun waktu tidur yang tak teratur sering dikaitkan dengan beragam masalah kesehatan. Dalam penelitian terbaru, menunjukan bahwa orang yang tidak tidur di waktu yang sama secara teratur atau tidak mendapatkan jumlah tidur yang sama, lebih memiliki kemungkinan terkena obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. 

Penelitian dari Brigham and Women's Hospital dan Harvard Medical School ini merupakan salah satu penelitian yang fokus pada efek konsistensi tidur. "Dalam penelitian ini, kami menunjukkan bahwa perbedaan dalam jadwal tidur [baik durasi atau waktu] dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan masalah metabolisme, terutama kelainan metabolisme multipel pada waktu yang sama," kata peneliti Tianyi Huang, dikutip dari Reuters

Menurut penelitian, rata-rata orang tidur sekitar 7,15 jam setiap malam dan tidur sekitar pukul 11.40 malam. Sekitar dua pertiga memiliki durasi tidur yang bervariasi dan 45 persen memiliki durasi tidur yang bervariasi. 

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Sebanyak 707 partisipan atau 35 persen memiliki sindrom metabolik atau beberapa jenis kelainan metabolisme yang meningkatkan risiko penyakit jantung, peningkatan tekanan darah, gula darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di pinggang, dan kadar kolesterol atau trigliserida yang tidak normal. 

Studi ini menyimpulkan, orang yang durasi dan waktu tidurnya tidak teratur sekitar 60-90 menit setiap malamnya 27 persen lebih mungkin mengalami sindrom metabolik. Risiko meningkat menjadi 41 persen orang yang tidurnya bervariasi antara 90-120 menit. Risiko kembali melonjak menjadi 57 persen jika variasi mencapai lebih dari dua jam. 

Ahli menilai hubungan ini terkait dengan jam biologis seseorang untuk melakukan metabolisme. "Jika kita tidur pada waktu dan jumlah yang berbeda-beda atau tidak teratur, jam internal kita mungkin mengalami kesulitan untuk tetap sinkron sehingga dapat merusak fungsi metabolik," kata ahli dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, Kristen Knutson mengomentari hasil penelitian ini, mengutip CNN.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)