home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Hubungan 'Mesra' Antara PDI-P dan Gerindra Dikatakan Sebagai Sinyal Akan Agenda Politik yang Besar?

Rabu, 14 Agustus 2019 14:40 by reinasoebisono | 592 hits
Hubungan 'Mesra' Antara PDI-P dan Gerindra Dikatakan Sebagai Sinyal Akan Agenda Politik yang Besar?
Image source: Kompas

DREAMERS.ID - Pasca panasnya suasana Pilpres 2019 yang ‘mengadu’ pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, hubungan antar rival, terutama para capres justru mencair dan mesra. Tak hanya sosok Jokowi dan Prabowo, namun juga untuk partainya.

Mulai dari pertemuan antara Jokowi-Prabowo dan makan bareng, pertemuan Prabowo-Megawati, hingga kehadiran Prabowo di Kongres V PDI-P di Bali menjadi tanda tanya kemungkinan adanya rencana besar ke depannya.

Meski selalu disebut hal itu hanyalah bentuk silaturahim, peneliti Forum Masyarakat Pedui Parlemen (Formappi) Lucius Karus menilai jika kemesraan tersebu sudah melampaui dua sahabat lama, yaitu Megawati dan Prabowo. Menurutnya, aka nada agenda politik besar yang berusaha mereka tunjukkan ke publik.

"Sebagai pengendali dua gerbong politik besar, hampir pasti pertemuan demi pertemuan yang dilakukan keduanya merupakan bagian dari langkah politik penjajakan untuk sebuah kerja sama politik selanjutnya," kata Lucius.

Namun kedekatan tersebut ditekankan Lucius hanya sebatas PDI-P dan Gerindra saja. Karena ihngga kini, parpol pendukung Jokowi lainnya belum menunjukkan kemesraan serupa. Karena itu, diduga agenda politik yang tengah dibahas adalah kursi pimpinan MPR, bukan kabinet yang dimungkinkan akan lebih berat ke partai koalisi yang mendapat jatah.

Baca juga: Megawati dan Puan Maharani Jauh-jauh Melayat ke Itaewon, Singgung Soal Kanjuruhan

"Kalau kursi kabinet, nampaknya Gerindra tak bisa hanya mengandalkan PDI-P. Kursi kabinet merupakan medan bagi parpol koalisi pendukung Jokowi yang pembagiannya sangat bergantung pada kebijakan presiden terpilih Jokowi," ujar dia.

Meski begitu, menurut Lucius, bukan berarti kemungkinan tertutup bagi Gerindra untuk bergabung ke dalam koalisi, namun yang diincar partai berlambang garuda merah itu kemungkinan besar adalah kursi Ketua MPR.

"Dia bisa secara otonom membangun paket calon yang terpisah dengan parpol koalisi lain," kata Lucius. "Dan bersama Gerindra yang juga punya modal jumlah kursi terbanyak ketiga di parlemen, PDI-P dan Gerindra tinggal mencari satu-dua parpol tambahan beserta kelompok anggota di DPD untuk memastikan kemenangan merebut takhta tertinggi di MPR,"

Perlu diketahui setelah pertemuan-pertemuan di atas, kini giliran Gerindra yang mengundang Megawati Soekarnoputri untuk hadir di hajatan mereka, yaitu di acara Rapat Koordinasi Nasional Partai Gerindra, September 2019 mendatang.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)