home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wajib Tahu Kelebihan dan Kekurangan Ibu Kota Baru yang Jadi Pindah Ke Kalimantan Timur

Jumat, 23 Agustus 2019 10:11 by reinasoebisono | 1237 hits
Wajib Tahu Kelebihan dan Kekurangan Ibu Kota Baru yang Jadi Pindah Ke Kalimantan Timur
Image source: Tribunnews

DREAMERS.ID - Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia telah diputuskan pindah ke Provinsi Kalimantan Timur atau Kaltim dan disampaikan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil pada Kamis (22/8) kemarin.

"Iya, Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum," katanya. 

Berdasarkan dokumen rencana pemindahan ibu kota Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) via Detik, Kaltim memiliki 8 keunggulan sebagai ibu kota baru.

Pertama, Kaltim dekat dengan dua bandar udara atau bandara besar di Balikpapan, yaitu Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, dan bandara besar di Samarinda yaitu Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto.

Baca juga: Kebakaran Kalimantan Darurat Asap, Apa Kabar Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia?

Kedua, Kaltim dekat dengan akses jalan tol Balikpapan-Samarinda yang sepanjang 99.35 kilometer (km). Yang ketiga, Kaltim dekat dengan Pelabuhan Semayang Balikpapan. Serta memiliki infrastruktur jaringan energi dan air bersih untuk poin keempat.

Di poin kelima, Kaltim memiliki struktur demografi yang heterogen, alias penduduk Kaltim sebagian besar adalah pendatang. Sehingga dapat lebih mudah menerima hal baru atau bertemu dengan pendatang baru. Karena pemindaha ibu kota ke Kaltim juga memindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Jakarta.

Keenam, lokasi delineasi Kaltim dilewati Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II di sekitar Selat Makassar. Keunggulan tersebut membuat Kaltim bebas dari bencana alam seperti gempa bumi dan kebakaran hutan.

Ketujuh, letak Kaltim tidak berbatasan langsung dengan batas negara. Terakhir, Kaltim memiliki ketersediaan lahan dengan status Area Penggunaan Lain (APL), hutan produksi dengan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) dan hutan produksi yang bebas konsesi, keunggulan ini menjadi bekal pemerintah untuk mempermudah pengadaan lahan ibu kota baru.

Meski begitu, Kaltim memiliki dua kelemahan. Pertama, Kaltim masih memiliki potensi bencana banjir pada wilayah yang dekat dengan hulu Daerah Aliran Sungai (DAS). Kedua, ketersediaan sumber daya air tanah di Kaltim masih rendah.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)