home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kata Ahli Soal Tidur Siang Bisa Turunkan Risiko Terkena Stroke

Selasa, 10 September 2019 18:42 by manachemvr | 570 hits
Kata Ahli Soal Tidur Siang Bisa Turunkan Risiko Terkena Stroke
Image source: Hello sehat

DREAMERS.ID - Jika manusia terkena penyakit biasanya dikaitkan dengan faktor lingkungan disekitarnya seperti makanan, kebersihan, dan sebagainya. Tetapi penyakit kadang juga bisa timbul akibat kelalaian manusia itu sendiri.

Di zaman modern seperti sekarang ini mungkin sangat sulit untuk mencari waktu istirahat. Padahal dengan tidak lalai dengan mengesampingkan waktu istirahat, kita juga bisa sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Jurnal Heart mempublikasikan penelitiannya dengan mengumpulkan data dari 3.500 orang yang tinggal di Swiss. Hasilnya menyebutkan bahwa dengan tidur siang minimal sekali dalam seminggu memiliki risiko serangan jantung lebih rendah dibanding orang yang tidak pernah tidur siang.

"Kami melihat kebiasaan orang yang sehat dan menemukan bahwa mereka tidur siang sesekali, seperti satu atau dua kali seminggu dan memiliki risiko lebih rendah untuk penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan yang tidak tidur siang," sebut Nadine Hausler, peneliti dari University Hospital of Lausanne dilansir dari Detik.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Aturan Tidur Siang yang Baik Untuk Kesehatan

Dari 3.500 responden, Hausler mencari peserta dengan usia 35-75 tahun yang pada dasarnya sehat dan tidak memiliki riwayat jantung. Dari temuan tersebut menghasilkan data frekuensi tidur siang yang bervariasi. 1 dari 5 peserta selalu menyempatkan diri untuk tidur siang minimal sekali hingga dua kali per minggu, 4 diantaranya mengaku hanya tidur siang jika memiliki waktu luang.

Dari data tersebut Hausler mengaitkan frekuensi tidur dengan penurunan risiko serangan jantung, stroke atau gagal jantung yang mencapai angka 48 persen.

Walaupun hasil survey sudah resmi dipublikasikan, hingga saat ini peneliti masih mencari jawaban yang lebih pasti dari pengaruh tidur siang terhadap kesehatan jantung.

"Tebakan terbaik kami adalah bahwa tidur siang bisa melepaskan stres dari kurang tidur," tambah Hausler.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)