home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Stop Khawatir dan Menerka-nerka, Ini Lho Daftar Jabatan yang Boleh Diisi Oleh Pekerja Asing

Jumat, 13 September 2019 10:47 by reinasoebisono | 648 hits
Stop Khawatir dan Menerka-nerka, Ini Lho Daftar Jabatan yang Boleh Diisi Oleh Pekerja Asing
Image source: TURC

DREAMERS.ID - Isu tenaga kerja asing marak diperbincangkan karena menimbulkan kekhawatiran tenaga kerja lokal atau dalam negeri tergantikan dengan pihak-pihak asing. Padahal, ternyata ada peraturan soal posisi-posisi apa saja yang boleh diduduki tenaga kerja asing, lho.

Melansir Detik, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menerbitkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Kepmenaker) Nomor 228 Tahun 2019 tentang Jabatan Tertentu Yang Dapat Diduduki Oleh Tenaga Kerja Asing (TKA). Ada 18 kategori usaha yang diperbolehkan.

Mulai dari konstruksi, real estae, pendidikan, pengangkutan dan pergudangan, informasi dan telekomunikasi, pertambangan dan penggalian, bahkan sampai aktivitas jasa, profesional, ilmiah dan teknis pun diatur.

Tak hanya bidang usahanya, namun posisi jabatan dalam perusahaan tersebut pun ada aturannya. Contohnya di bidang pendidikan, tenaga asing hanya mengisi posisi kepala sekolah menengah atas hingga guru sejumlah mata pelajaran. Tidak di bidang keuangan dan administrasi sejenisnya.

Di bidang industri pun seperti itu, tenaga asing hanya mengisi jabatan selevel manajer tenaga ahli, spesialis hingga penasihat.  Jadi masih banyak sekali bidang usaha dan posisi strategis yang bisa diisi oleh tenaga kerja lokal, terutama untuk para fresh graduate. Apa kamu salah satunya?

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)