home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Siap Saksikan Fenomena Harvest Moon Nanti Malam?

Jumat, 13 September 2019 16:45 by Rie127 | 1497 hits
Siap Saksikan Fenomena Harvest Moon Nanti Malam?
Image Source: tempo

DREAMERS.ID -Hari ini (13/9) Fenomena bulan purnama langka, Harvest Moon akan muncul pada malam nanti. Harvest moon selanjutnya diprediksi akan terjadi lagi di pada tahun 2049 mendatang.

Bulan purnama kali ini disebut sebagai Harvest Moon karena saat fenomena ini terjadi, Bulan mencapai puncak paling bersinarnya dan berada paling dekat dengan equinox atau lamanya waktu siang dan malam sama di musim semi.

Berdasarkan The Old Farmer's Almanac, nama lain dari fenomena ini adalah Corn Moon. Sebagian masyarakat meyakini kemunculannya sebagai penanda awal dari masa keberuntungan.

Dikutip dari Forbes, Harvest moon biasanya terjadi di bulan September, namun kadang-kadang akan jatuh di bulan Oktober atau mundur ke beberapa bulan berikutnya, bergantung pada waktu Equinox.

Harvest moon pada Jumat 13 September 2019 ini terbilang langka, karena Bulan purnama ini terakhir kali muncul pada 13 Januari 2006. Berdasarkan prediksi, harvest moon berikutnya akan terlihat lagi pada sekitar 13 Agustus 2049.

Harvest moon sering juga dijuluki micromoon atau minimoon yang menandakan jaraknya relatif jauh dari Bumi. Ketika Bulan berada pada titik terdekatnya dengan Bumi, kita biasa menyebutnya fenomena supermoon.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)