home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Apakah Perluasan Ganjil-Genap Dapat Mengurangi Polusi Udara?

Sabtu, 14 September 2019 10:20 by manachemvr | 711 hits
Apakah Perluasan Ganjil-Genap Dapat Mengurangi Polusi Udara?
Image source: Tirto

DREAMERS.ID - Beberapa waktu lalu pemerintah DKI Jakarta sudah resmi menetapkan peraturan mengenai perluasan sistem ganjil-genap.

Dengan total penambahan daftar ruas jalan, diketahui terdapat 25 ruas jalan yang diberlakukan sistem tersebut. Harapannya dengan cara ini kualitas udara di Jakarta dapat meningkat seiring berkurangnya polusi udara.

Tetapi apakah benar dengan menambah ruas jalan untuk diberlakukan sistem ganjil-genap dapat mempengaruhi kualitas udara di Jakarta?

Baca juga: Jangan Lupa, 3 Tempat Wisata Jakarta Ini Masih Terapkan Ganjil Genap!

"Hasil dari kebijakan perluasan belum bisa dievaluasi langsung ya. Karena perlu waktu. Untuk perbandingan 3 bulan sebelum pelaksanaan dan 3 bulan saat dilaksanakan nanti baru akan kelihatan, efektifitas dari kebijakan ganjil-genap tadi," ungkap Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), Ahmad Safrudin, melansir Detik.

Walaupun saat ini masih belum dapat dipastikan besarnya pengaruh sistem ini terhadap kualitas udara di Jakarta, situs AirVisual menunjukan adanya penurunan tingkat polusi udara. Sebelumnya dikabarkan Jakarta berada di peringkat ke-3 kota dengan kualitar udara terburuk, tetapi kemarin Jumat (13/9) peringkat Jakarta turun menjadi peringkat ke-6.

Safrudin menambahkan bahwa pemerintah harus konsisten dalam menerapkan program ini. Ia menilai sistem ini akan dapat menurunkan tingkat pencemaran udara di Jakarta secara efektif.

(mnc)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)