home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Larangan Langsung Tidur Setelah Makan, Mitos atau Fakta?

Selasa, 17 September 2019 16:54 by Rie127 | 842 hits
Larangan Langsung Tidur Setelah Makan, Mitos atau Fakta?
Image Source: doktersehat

DREAMERS.ID - Beberapa diantara kalian pastinya pernah mendengar larangan langsung tidur setelah makan. Namun, sepertinya hal ini tidak memberikan dampak yang signifikan bagi kesehatan.

Sebuah studi baru dari Sekolah Pascasarjana Ilmu Kesehatan di Universitas Okayama, di Jepang telah membantah klaim tersebut dan mengatakan, bahwa tidur sesudah makan tidak mungkin meningkatkan kadar glukosa darah.

Studi yang telah diterbitkan dalam jurnal BMJ Nutrition, Prevention and Health, meneliti lebih dari 1.500 individu yang tidak memiliki masalah kesehatan. Para ilmuwan meneliti pola makan individu-individu selama periode dua tahun, memerhitungkan berat badan mereka, seberapa cepat mereka makan, seberapa banyak aktivitas fisik yang mereka lakukan, dan apakah mereka merokok atau tidak.

Beberapa peserta memutuskan untuk tidur dalam waktu dua jam setelah makan malam. Setelah menilai hasilnya, para peneliti menemukan, bahwa ada sedikit atau tidak ada perbedaan dalam HbA1c (kadar glukosa darah). Sebaliknya, aktivitas fisik, konsumsi alkohol, dan tekanan darah berdampak lebih buruk pada kadar HbA1c.

Baca juga: Kata Ahli, Ini Artinya Jika Mimpi Seseorang yang Tidak Terduga

“Bertentangan dengan kepercayaan umum, memastikan interval pendek antara makan terakhir dan waktu tidur tidak memengaruhi kadar HbA1c secara signifikan,” tulis tim peneliti.

“Perhatian yang lebih besar harus ditujukan pada porsi yang sehat dan komponen makanan, tidur yang cukup, menghindari merokok, konsumsi alkohol, dan kelebihan berat badan, karena variabel-variabel ini memiliki pengaruh yang lebih mendalam pada proses metabolisme.” lanjutnya.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)