home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Demo Puluhan Ribu Buruh Siap ke DPR, Yakin Tak Terkait Sikap Politik Mana pun? Ini Tuntutannya

Rabu, 02 Oktober 2019 10:25 by reinasoebisono | 2754 hits
Demo Puluhan Ribu Buruh Siap ke DPR, Yakin Tak Terkait Sikap Politik Mana pun? Ini Tuntutannya
Image source: Detik

DREAMERS.ID - Kawasan Gedung DPR RI masih akan menjadi ‘langganan’ berkumpulnya massa demonstrasi hingga hari ini. Yang terbaru, kabarnya para buruh akan memenuhi gedung lembaga legislatif yang para pimpinan dan anggotanya baru saja dilantik kemarin.

Melansir Detik, buruh yang datang berasal dari berbagai penjuru Jabodetabek dan diprediksi akan mencapai puluhan ribu. Rencana unjuk rasa ini sudah disampaikan sebelumnya pada awal September lalu. Dan harapannya, anggota DPR RI baru ikut membantu buruh dalam menyuarakan tuntutan.

"Aksi buruh tetap dilaksanakan besok (Rabu), Jabodetabek dipusatkan di DPR. Dan ini aksi damai dan tidak disisipi sikap politik manapun. Tidak ada kaitan untuk menggagalkan pelantikan Presiden atau berhadapan dengan pemerintah yang sah," kata Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, mengutip CNBC Indonesia.

Said Iqbal mengatakan buruh akan menyampaikan 3 tuntutan kepada pemerintah, di antaranya menolak rencana RUU 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan khususnya untuk kelas 3, dan meminta revisi PP 78/2015 tentang pengupahan.

Baca juga: Ternyata Para 'Penghuni' Senayan yang Telah Positif Corona Kini Jadi 152 Orang

"Kita secara total 150.000 orang di 10 kota industri, " kata Said Iqbal.

Iqbal turut memastikan jika aksi buruh akan berjalan damai dan tidak akan bernuansa politis. Demo pun digelar serentak di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, Makassar, Batam, Medan, dan Banjarmasin. Jumlah peserta aksi yang bakal datang ke Jakarta diperkirakan sekitar 50.000-70.000 orang.

Sebelumnya pada Senin lalu (30/9/2019), Said Iqbal dan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nuwa Wea telah bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Pada kesempatan itu, mereka membahas hal seputar ketenagakerjaan, termasuk keberatan atas rencana perubahan Undang-Undang (UU) ketenagakerjaan dan kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta yang akan memilih Gubernurnya alias Pilgub di akhr tahun 2024 ini diprediksi masih akan jadi persaingan terpanas pemilihan kepala daerah Se Indonesia. Walaupun, statusnya sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara Republik Indonesia....
  • HOT !
    Princess of Wales Kate Middleton belum lama ini mengumumkan kondisi kesehatannya dan mengonfirmasi ia mengidap kanker lewat sebuah video penuh haru. Pakar atau ahli Bahasa tubuh pun membeberkan arti dari gestur tubuh Kate Middleton....
  • HOT !
    Beberapa minggu belakangan kembali menyebar rumor heboh tentang Ibu Negar Perancis, Brigitte Macron yang disebut terlahir sebagai pria dan menjadi transgender wanita di kemudian hari. Padahal, rumor itu sudah berhembus tahun lalu dan dibawa ke pengadilan oleh Brigitte Macron dan ia memenangkan kasus fitnah melawan jurnalis yang mengklaim hal tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Annis
Cast : Jung Sisters|Donghae (SUJU)|Minhyuk (CNBLUE)|Lee Min Ho|Luna (fx)|EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)