home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ungkapan RM dan Suga BTS Soal Komentar Kebencian Kembali Jadi Sorotan

Rabu, 16 Oktober 2019 14:00 by fzhchyn | 25676 hits
Ungkapan RM dan Suga BTS Soal Komentar Kebencian Kembali Jadi Sorotan
Image source: Big Hit Entertainment

DREAMERS.ID - Di tengah rasa shock atas meninggalnya Sulli, para fans dan komunitas online membawa kembali kutupan-kutipan dari para idola K-Pop akan komentar jahat. Termasuk dua member BTS, RM dan Suga yang menghadapinya dengan cara berbeda.

Komentar RM empat tahun lalu kembali menjadi trending dengan kabar duka dari Sulli, yang menjadi korban berbagai komentar kebencian. Ia menulis, “Hanya butuh 5 detik bagi seseorang dengan perasaan kebencian terhadapku untuk mengetik komentar buruk. Tapi aku membaca komentar itu dan merenungkannya selama 5 jam, 5 hari.”

Dan dalam wawancara tahun 2015 dengan DongA Ilbo, RM mengakui bahwa pada tahun-tahun awal karirnya sebagai idola K-Pop, ia membaca dan mengingat setiap komentar kebencian yang ia temui. Namun, sekarang, ia tidak peduli.

Dalam sebuah siaran VLIVE, RM mengatakan, “Kau perlu mendengarkan kritik yang membangun. Tak ada seorangpun yang sempurna. Akan menjadi dogmatis kalau kau berpikir seperti itu. Tapi ada juga orang yang menyerangmu tanpa alasan yang jelas. Itu menyedihkan. Terlalu banyak yang baik di dunia ini dibandingkan fokus pada serangan yang tak masuk akal itu. Hidup ini terlalu singkat untuk itu.” Dan menambahkan, “Jadi hanya ‘mic drop’ untuk hal-hal seperti itu.”

Baca juga: Resmi Selesaikan Pelatihan Dasar, RM dan V BTS Tampil Gagah dalam Seragam Militer

Suga juga melakukan hal serupa, di mana dalam sebuah siaran VLIVE ia pernah mengatakan, “Kalian (fans) khawatir tentang komentar kebencian. Aku sebenarnya agak kasihan (pada mereka yang menulisnya) karena aku tidak benar-benar membacanya.”

“Jadi haters dapat membenci sebanyak yang mereka inginkan. Agensi kami mungkin akan menuntut mereka. Aku tidak membacanya, tapi mereka mungkin dituntut. Tidka ada cara yang tepat untuk menghadapinya. Semua orang senang dengan hal ini (haters dituntut), jadi silakan tulis lebih banyak,” imbuhnya.

Meskipun alasan pasti di balik keputusan Sulli untuk mengakhiri hidupnya masih belum jelas, namun ia telah secara terbuka berbicara tentang depresi dan rasa sakit yang disebabkan oleh komentar kebencian. Dalam episode perdana ‘Night of Hate Comments’ di mana dirinya menjadi host, Sulli mengungkapkan bahwa ada saat di mana ia hanya berjalan di jalan sempit tanpa orang karena takut melihat orang, takut kalau mereka akan mengganggunya dengan komentar negatif.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Billboard menandatangani kemitraan strategis dengan Kakao Entertainment pada 18 April. Ini merupakan kolaborasi resmi pertama antara perusahaan K pop dan raksasa musik AS....
  • HOT !
    Drama baru SBS Connection dijadwalkan tayang perdana pada bulan Mei. Dibintangi oleh Ji Sung dan Jeon Mi Do, drama bergenre thriller kriminal ini meningkatkan antisipasi dengan merilis dokumentasi dari sesi diskusi naskah....
  • HOT !
    Kecintaan Lisa BLACKPINK terhadap supercar telah menarik perhatian banyak orang. Baru baru ini dalam video yang diunggah untuk merayakan ulang tahunnya, Lisa memperkenalkan mobil mewahnya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)