home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Timbulkan Kecurigaan, Setuju Keseluruhan Amandemen UU 1945 Bisa Rubah Cara Dipilih dan Masa Jabatan Presiden?

Rabu, 16 Oktober 2019 09:48 by reinasoebisono | 1638 hits
Timbulkan Kecurigaan, Setuju Keseluruhan Amandemen UU 1945 Bisa Rubah Cara Dipilih dan Masa Jabatan Presiden?
Image source: Tagar.id

DREAMERS.ID - Pertemuan antara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh pada Minggu (13/10) lalu menghasilkan jika keduanya setuju melakukan amandemen UUD 1945 secara menyeluruh.

"Kedua pemimpin parpol sepakat bahwa amandemen UUD 1945 sebaiknya bersifat menyeluruh, yang menyangkut tata kelola negara, dan sehubungan tantangan kekinian dan masa depan kehidupan berbangsa yang baik," kata Sekretaris Jenderal NasDem, Johnny G Plate. Namun hal ini menimbulkan pro dan kontra.

Yang berkomentar adalah Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan yang mengingatkan jika rencana amandemen menyeluruh itu bisa menimbulkan kecurigaan. Ia mengatakan amandemen menyeluruh itu agar presiden kembali dipilih oleh MPR. Sehingga perlu momentum untuk mengamandemen seluruh konstitusi.

"Kan musti ada momentum, kalau ada kecurigaan ya sulit, nanti presiden dipilihnya MPR. Nah ini sulit sekali. Mungkin suatu saat tapi saya tidak tahu kapan tapi sekarang ini terbatas saja tidak mudah," ujar Zulkifli melansir Merdeka.

Ada pula wacana lain yaitu amandemen terbatas, namun menurut Zulkifli sulit untuk dilakukan, apalagi untuk amandemen secara menyeluruh. Karena, sulit mendapat persetujuan mayoritas anggota MPR.

"Menurut saya, untuk menyeluruh semua itu sulit, karena kita sudah coba lima tahun. Nanti ini tidak setuju, ini tidak setuju, dua saja tidak setuju ya tidak bisa jalan, karena harus 3/4 ditandatangani," ungkap Zulkifli.

Baca juga: Kenapa Prabowo Sudah Berkunjung Ke Cina-Jepang Padahal Belum Resmi Jadi Presiden?

Johnny G. Plate pun menilai jika amandemen UUD 1945 berpeluang membahas masa jabatan eksekutif mulai dari presiden, gubernur hingga wali kota. Ia mengatakan tidak ada istilah amandemen terbatas tapi harus dilakukan secara menyeluruh.

"Masa jabatan presiden juga berhubungan, nanti perlu didiskusikan semuanya," kata Johnny. "MPR punya kewajiban untuk lakukan pendalaman menyeluruh, bukan sepotong-sepotong,"

Dari sisi Gerindra sendiri, Sekjen Ahmad Muzani mengatakan jika kedua petinggi partai itu hanya ingin amandemen dilakukans ecara hati-hati karena menyangkut sesuatu yang penting untuk kehidupan di masyarakat.

"Kita sudah dengar semua dari pimpinan MPR bahwa kita akan melakukan amandemen itu dengan kecermatan dengan kajian dan masukan yang menyeluruh, komprehensif dari semua pimpinan partai. Semua anggota MPR termasuk dari semua elemen bangsa supaya amandemen ini menyempurnakan atas amandemen yang sebelumnya tersebut," ucapnya.

 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)