home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ariel Tatum Idap Borderline Personal Disorder, Bagaimana Ciri-Cirinya?

Minggu, 20 Oktober 2019 20:56 by sukmagayatri | 1503 hits
Ariel Tatum Idap Borderline Personal Disorder, Bagaimana Ciri-Cirinya?
Image Source: Suara.com

DREAMERS.ID - Aktris cantik Ariel Tatum baru-baru ini mengejutkan publik setelah buka-bukaan mengenai Borderline Personal Disorder (BPD) yang dideritanya. BPD merupakan gangguan kesehatan mental serius yang mempengaruhi emosi dan perilaku seseorang. Ariel Tatum mengaku bahwa akibat penyakit BPD-nya, ia pernah melakukan percobaan bunuh diri. 

Melansir dari detik.com, dr Andri, SpKJ, mengatakan bahwa BPD dapat memicu perilaku menyakiti diri sendiri. Tujuannya? Untuk mengalihkan emosi yang dialami melalui rasa sakit secara fisik.

Tipe kepribadian yang mudah terkena BPD adalah kepribadian ‘dependent’. Biasanya, mereka yang selalu ketergantungan terhadap orang lain, akan mudah merasa kecewa ketika dirinya mendapatkan penolakan atau kebutuhannya tidak terpenuhi.

Baca juga: Pesona Ariel Tatum Jadi Model di Paris Fashion Week

Beberapa ciri pengidap BPD, dikutip dari Mayoclinic adalah sebagai berikut:

- Kekhawatiran yang sangat kuat akan mengalami situasi terabaikan, tertolak, dan tercampakkan.
- Punya pola berhubungan yang labil dan intens. Misalnya mengagumi seseorang pada suatu saat, lalu tiba-tiba menganggapnya tidak peduli atau bahkan jahat.
- Peribahan yang sering terkait identitas diri dan citra diri, termasuk perubahan nilai dan tujuan hidup. Kadang menganggap diri sendiri jelek seperti tidak pernah ada.
- Mengalami masa-masa ketakutan terkait stres dan kehilangan kontak dengan realita.
- Menunjukkan perilaku impulsif dan berbahaya, seperti judi, berkendara ugal-ugalan, seks tidak aman, makan sembarangan, menyalahgunakan obat terlarang, dan sebagainya.
- Menunjukkan perilaku membahayakan diri sendiri dan bahkan upaya bunuh diri.
- Perubahan mood atau suasana hati yang cepat, dari sangat bahagia jadi gampang tersinggung dan gelisah tidak menentu.
- Selalu merasa kesepian.
- Marah-marah untuk sebab yang tidak jelas, nyinyir, dan bahkan sering berkelahi.

Jika kamu merasakan gejala atau ciri diatas, harap segera melakukan konseling kepada pihak professional, seperti dokter kejiwaan; psikolog, atau psikiater. 

(sgd)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)