home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gadis Tiongkok Meninggal Saat Tersedak Boba, Masih Amankah Boba Untuk Dikonsumsi?

Selasa, 12 November 2019 12:20 by Rie127 | 608 hits
Gadis Tiongkok Meninggal Saat Tersedak Boba, Masih Amankah Boba Untuk Dikonsumsi?
Image Source: kompas

DREAMERS.ID - Minuman boba memang menjadi salah satu minuman yang hits di kalangan milenial. Bahkan kamu dapat dengan mudah menemukan minuman boba dimana saja, seperti cafe, hingga mall. Sayangnya, dibalik rasanya yang manis, selain membahayakan bagi kesehatan, minuman ini dapat membahayakan nyawa konsumen.

Salah satunya yang dialami oleh perempuan asal Tiongkok (19) yang tewas karena tersedak tiga butir boba. Dilansir See Hua Daily edisi Juli 2019, gadis tersebut tiba-tiba kesulitan untuk bernapas ketika sedang minum boba tea. Tidak lama kemudian tangannya membiru karena kekurangan oksigen. Ketika dilarikan ke rumah sakit, nyawanya sudah tidak dapat tertolong.

Dokter Muhammad Faham S yang praktik di Rumah Sakit Khusus Bedah (RSKB) An Nur Yogyakarta mengatakan bahwa sangat mungkin seseorang tersedak karena boba tea, hingga dapat menyebabkan kematian.

“Sebenarnya semua makanan atau minuman bisa buat tersedak. Tapi, karena bubble (boba) biasanya berukuran lumayan besar dan kenyal, bisa sampai meninggal. (Ini) karena makanan itu (boba) menyumbat jalan napas saat tersedak”. Ungkap Dokter Faham dikutip dari Kompas.

Baca juga: Perawat Divonis Hukuman Mati Usai Mutilasi dan Masak Tubuh Dokter

Agar tidak tersedak saat minum boba tea, Faham menyarankan untuk benar-benar mengunyah boba sampai cukup lembut. Pada dasarnya, semua makanan dan minuman yang di telan akan melewati esofagus atau kerongkongan yang diameternya tak lebih dari 2 sentimeter.

Jadi, jika kita menelan makanan yang berukuran cukup besar seperti boba langsung tanpa melalui proses pelumatan. Bukan suatu hal yang tidak mungkin, jika kita dapat tersedak makanan tersebut.

Dokter Faham juga mengungkapkan untuk tidak berbicara ketika sedang mengunyah makanan, karena berbicara saat sedang mengunyah dapat menjadi salah satu pemicu kita dapat tersedak saat makan,

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)