home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tindak Lanjut Pasca Pendaratan Darurat Batik Air Karena Pilot Pingsan

Senin, 18 November 2019 10:43 by reinasoebisono | 633 hits
Tindak Lanjut Pasca Pendaratan Darurat Batik Air Karena Pilot Pingsan
Image source: Liputan6

DREAMERS.ID - Pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID-6548 dengan rute Jakarta-Kupang terpaksa mendarat darurat di Bandara El-Tari, Kupang pada hari Minggu (17/11) siang. Sang pilot dilaporkan mendadak merasa pusing dan tak lama tak sadarkan diri.

Melansir Liputan6, insiden ini sempat membuat seluruh penumpang Batik Air tersebut panik, bahkan beberapa saat sebelum mendarat pesawat terasa bergoyang. Akibatnya, pesawat lain yang hendak mendarat pun harus menunggu proses evakuasi pilot Batik Air tersebut.

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden tersebut. Semua penumpang dan awak pesawat Batik Air berhasil mendarat dengan selamat. Sementara pilot Kapten Djarot Harnanto langsung mendapatkan perawatan medis.

Menindaklanjuti hal tersebut, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan kembali menegaskan kepada seluruh operator penerbangan untuk melakukan pengecekan kesehatan bagi pilot, kru kabin dan teknisi sebelum terbang.

Baca juga: Pilot Batik Air Yang Terkena Serangan Jantung Sudah Cek Kesehatan Sebelum Terbang?

“Sebelum terbang, operator penerbangan wajib melakukan pemeriksaan kesehatan pilot, crew kabin, dan teknisi yang bertugas. Ini sangat penting, agar keselamatan dan keamanan penumpang selama dalam penerbangan terjamin,” kata. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti.

Sebelumnya, pilot Batik Air tersebut mengaku mendadak pusing sebelum mendarat darurat. Sebelum menurunkan ketinggian, Pilot in Command (PIC) atau dalam hal ini sang pilot merasa ada gangguan kesehatan dengan indikasi pusing berat sehingga membuat konsentrasi terpecah dan lemas.

Penerbangan ID-6548 dengan komando kopilot (first officer) dan menginformasikan bahwa akan mendarat dalam keadaan darurat (emergency landing). Dugaan sementara, pilot terkena serangan jantung saat akan landing.

“Tiga puluh menit menit sebelum landing pesawatnya sempat goyang. Pas sampai ujung landasan, mesin pesawat langsung mati dan co-pilot membawa pesawat ke apron, sementara pilotnya dilarikan ke rumah sakit,” ujar salah satu penumpang, Libbi Sinlaeloe.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)