home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengkonsumsi Kue Cokelat Saat Sarapan Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Rabu, 20 November 2019 17:20 by Rie127 | 764 hits
Mengkonsumsi Kue Cokelat Saat Sarapan Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?
Image Source: the wall street journal

DREAMERS.ID - Bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet, salah satu makanan yang biasanya dihindari adalah cokelat. Hal ini karena cokelat dianggap memiliki jumlah kalori yang tinggi sehingga dapat membuat gemuk.

Namun, sebuah studi mengatakan bahwa dari pada membuat tubuh menjadi lebih gemuk, mengkonsumsi kue cokelat saat sarapan akan membantu seseorang untuk menurunkan berat badannya.

Baca juga: Makan Cokelat di Pagi Hari Membantu Mengurangi Nafsu Makan

Studi tersebut membagi 190 peserta bertubuh gemuk menjadi dua kelompok. Satu kelompok diminta untuk mengkonsumsi kue cokelat dan donat saat sarapan, sedangkan kelompok lainnya diminta untuk mengkonsumsi porsi sarapan yang lebih sedikit dengan jumlah kalori yang rendah.

Setelah melakukan pola sarapan tersebut selama 32 minggu, kedua kelompok terebut diketahui mengalami penurunan berat badan yang hamper sama. Namun, kelompok yang menjalankan pola sarapan dengan jumlah kalori rendah cenderung menginginkan makanan manis dan tinggi karbohidrat pada saat siang hari, yang akhirnya mendorong mereka untuk melakukan cheating.

Sementara itu kelompok dengan pola sarapan dengan makanan manis, seperti kue cokelat dan donat cenderung tidak menginginkan makanan manis dan tinggi karbohidrat pada saat siang hari.

Mengkonsumsi makanan manis dan tinggi karbohidrat di siang dan malam hari sering kali menjadi salah satu faktor dari bertambahnya berat badan. Pasalnya, metabolisme akan cenderung menurun di siang hingga malam hari, akibatnya berat badan pun akan mudah bertambah.

Manfaat lain dari sarapan dengan cokelat adalah untuk membantu menekan rasa lapar. Hal ini disebabkan karena cokelat dapat mengontrol hormon ghrelin yang bertanggung jawab untuk merangsang nafsu makan.

“Sedikit hidangan manis sesekali dapat membantu mengendalikan keinginan untuk makan, dan memudahkan Anda mengikuti program penurunan atau pemeliharaan berat badan” ungkap Maria-Paula Carrillo, MS, RDN, LD, mengutip India Today.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)