home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sejuknya Perayaan Natal di 'Kampung Toleransi' Bandung

Rabu, 25 Desember 2019 14:51 by reinasoebisono | 1323 hits
Sejuknya Perayaan Natal di 'Kampung Toleransi' Bandung
Imge source: Ayo Bandung

DREAMERS.ID - Hidup harmonis antar sesama, utamanya antar umat beragama bisa jadi menjadi impian semua masyarakat. Karena selain pemandangan indah, kita sebagai makhluk sosial memang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan peran orang lain.

Hal inilah yang terlihat dari Gang Ruhana, Kelurahan Paledang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung. Warga di wilayah tersebut mampu hidup ebrdampingan di tengah keberagaman yang ada. Termasuk ketika perayaan Natal tiba, warga dari agama lainnya tidak segan membantu dan menjaga pelaksanaan ibadah yang dilakukan.

Melansir Detik, warga tahun ini ikut membantu menyiapkan perayaan Natal di Gereja Pantekosta di Indonesia (GPID) Bandung. Gereja tersebut diketahui tak jauh dari tempat ibadah lain seperti masjid dan vihara. Namun semua bisa hidup rukun dan damai.

Karena pemandangan yang sudah terjadi sejak lama inilah, Pemkot Bandung menyematkan wilayah tersebut sebagai ‘Kampung Toleransi’ sejak tahun 2017.

"Sebenarnya memang mereka itu berpartisipasi secara alamiah. Ada yang bantu jaga parkir, jaga malam ada yang lain-lain ikut bantu," ucap Ibu Gembala Gereja Pantekosta di Indonesia (GPiD) Bandung Peggy Sriyoto. "Kuncinya bagi saya, kampung toleransi kalau ketemu jangan ngomongin agama. Kita saling terima, saling hargai. Memang sudah natural di sini,”

Baca juga: Keren Banget! Game Besutan Developer Bandung ‘Cursed Mansion’ Rilis di Steam

Senada dengan Peggy, Ketua RW 02 Kelurahan Paledang Kecamatan Lengkong Rini Ambarullah menyatakan, bila kerukunan antar umat beragama di wilayahnya sudah terbangun sejak lama. Warga kerap ikut membantu perayaan hari besar keagamaan sebagai bentuk penghormatan.

"Sudah sejak dahulu kita seperti itu. Kami saling bantu jika ada perayaan keagamaan," ucapnya. "Kemarin kita juga bertanya, apa yang bisa dibantu? Mereka minta warga untuk membantu pasang pohon Natal, ya kita bantu,"

"Kehidupan kami normal-normal saja. Saling menghormati dan saling membantu. Nanti malam ada misa Natal, warga juga turut membantu menjaga di sekitar gereja. Ini hal yang biasa dan sudah lama seperti itu," ucapnya.

Sementara itu Ketua DKM Masjid Al-Amanah Sugandi menyatakan, kerukunan antar umar beragama di wilayahnya memang sudah terbangun baik. Masyarakat mampu menjunjung tinggi perbedaan dan saling menghargai.

"Selama ini kerukunan umat beragama luar biasa. Kuncinya saling silaturami, komunikasi dengan baik," ujarnya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)