home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bocoran Fitur Android 11 yang Baru Dirilis Google dalam Versi Beta

Sabtu, 22 Februari 2020 20:00 by fzhchyn | 2147 hits
Bocoran Fitur Android 11 yang Baru Dirilis Google dalam Versi Beta
Image source: taskboot

DREAMERS.ID - Google belum lama ini merilis preview sistem operasi (OS) terbarunya Android 11 untuk diujicoba oleh para developer. Pengujian ini hanya bisa dilakukan dengan perangkat Pixel 2, 3, 3a, atau 4 dengan unduhan manual atau flash.

Mengutip dari CNN, Android 11 diklaim memiliki fitur yang mampu mengetahui sebuah ponsel menggunakan jaringan 5G, serta membedakan penggunaan jaringan 4G atau WIFI. Fitur itu diklaim akan mengoptimalkan konten dan kinerja ponsel hingga menghentikan penggunaan data yang tidak penting.

Selain itu, Android 11 memiliki fitur tab pesan dari masing-masing aplikasi. Fitur itu diklaim membuat pemberitahuan dari percakapan yang sedang berlangsung atau dari aplikasi lain akan dibagi agar pengguna bisa  mengabaikan beberapa jika tidak mau melihatnya.

OS ini juga menghadirkan mode gelap seperti kemampuan ponsel cerdas saat ini yang memungkinkan penggunanya mengatur kapan waktu yang tepat untuk mengurangi kecerahan layar. Ada kemungkinan Android 11 juga akan meluncurkan banyak mode gelap jika resmi dirilis bagi konsumen.

Baca juga: Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

Fitur lain yang terdapat dalam Android 11 adalah dapat memilih untuk memberikan izin 'sekali ini saja' saat aplikasi meminta izin untuk mengakses kontak, kamera, dan sebagainya. Fitur itu diklaim akan membuat pengguna tahu persis kapan aplikasi mengakses bagian lain dari ponselnya. Lebih jauh dari fitur itu, Android 11 akan menghentikan aplikasi seperti Facebook memeriksa keberadaan penggunanya sepanjang waktu karena harus meminta izin.

Android 11 juga memiliki fitur yang akan membuat ponsel tetap terhubung dengan Bluetooth ketika mode pesawat diaktifkan. Fitur itu kemungkinan akan disukai banyak orang yang kerap terganggu karena berhenti terkoneksi, misalnya dengan speaker wireless saat tiba-tiba menghidupkan mode pesawat.

Selanjutnya, Android 11 memiliki fitur Scoped Storage yang semula hendak dihadirkan pada Android 10. Scoped Storage adalah cara baru untuk mengatur informasi dan file apa yang dapat dibaca aplikasi. Singkatnya, fitur itu membuat kecepatan membaca memori lebih cepat, meningkatkan keamanan, dan menghentikan pemberian izin aplikasi baru.

Melansir The Verge, Android 11 juga menghadirkan kembali perekam layar yang pada beta Android 10 tidak mencapai versi final. Selain itu, Android 11 menghadirkan fitur Motion Sense baru bagi Pixel 4 untuk memutar atau menjeda musik.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)