home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ayo Lebih Paham Jangan Asal Ambyar Rupiah Sudah Tembus 16 Ribu Per Dolar

Kamis, 19 Maret 2020 18:12 by reinasoebisono | 1381 hits
Ayo Lebih Paham Jangan Asal Ambyar Rupiah Sudah Tembus 16 Ribu Per Dolar
Image source: Kumparan

DREAMERS.ID - Hari ini ramai tagar #RupiahAmbyar menjadi trending di Twitter karena nilai tukar rupiah terhadap dolar mencapai Rp 16 Ribu. Hal ini terjadi terutama setelah merebaknya wabah virus corona yang membuat rupiah terus tertekan sejak beberapa minggu belakangan.

Tidak salah, namun tidak semerta-merta rupiah tepat sudah di angka 16 Ribu. Karena Indonesia memiliki standar sendiri dan ‘kiblat’ dalam menentukan nilai tukar per harinya. Via Kumparan, per tanggal 19 Maret 2020, nilai tukar rupiah menyentuh Rp 16 Ribu per dolar AS.

Yang pertama adalah Banin Panin mematok Rp 16.005, sementara Bank lain sebelumnya masih di kisaran Rp 15.600-15.990. Mengapa bisa berbeda-beda? Sementara netizen menyertakan data dari Google jika nilai tukar rupiah tembus Rp 16.000 per dolar AS.

Perlu diingat, jika Google bukanlah lembaga resmi yang bisa menghitung nilai tukar rupiah atau kurs lainnya. Bank Indonesia mematoknya melalui Jakarta Interbank Spot Dollar Rate atau JISDOK.

JISDOK adalah harga spot USD atau rupiah, yang disusun berdasarkan kurs transasksi dolar AS terhadap rupiah antar bank di pasar valuta asing Indonesia, melalui Sistem Monitoring Transaksi Valuta Asing Terhadap Rupiah di Bank Indonesia secara Real Time.

Baca juga: Pakar Singgung Indonesia Punya ‘Super Immunity’ Soal Infeksi Corona Dibanding Singapura

JISDOR yang mulai diterbitkan sejak 20 Mei 2013, dimaksudkan untuk memberikan referensi harga pasar yang mewakili untuk transaksi spot dolar AS atau rupiah pasar valuta asing Indonesia. Jadi, bisa dibilang JISDOR adalah cerminan transaksi spot dolar AS atau rupiah yang dilakukan di perbankan, sehingga bisa jadi patokan jika akan melakukan transaksi valas.

Pada hari ini, JISDOR masih mematok nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di posisi Rp 15.712. Sementara di perbankan misalnya di BCA, harga belinya Rp 15.950 dan harga jual Rp 16.150. Lalu di Bank Mandiri, harga beli satu dolar AS Rp 15.950 dan harga jualnya Rp 16.300. Adapun di BRI harga belinya Rp 15.970 dan harga jualnya Rp 16.410.

Namun tidak menutup kemungkinan, karena diprediksi nilai tukar ini akan terus menurun dan melemah terhadap dolar AS Karena pasar keuangan masih dirundung sentimen negatif pandemik virus corona atau COVID-19.

"Selama belum Ada berita baik terkait pandemic ini, IHSG dan nilai tukar berpotensi terus melemah," kata Direktur Riset Core Indonesia Piter Abdullah.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)