home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bahaya Konsumsi Vitamin C Secara Berlebihan

Senin, 06 April 2020 18:45 by Rie127 | 5347 hits
Bahaya Konsumsi Vitamin C Secara Berlebihan
Image Source: Healthline

DREAMERS.ID - Ditengah wabah virus corona, setiap orang disarankan untuk tetap menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari virus corona, salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin c. Namun, kalian juga harus hati-hati ketika mengonsumsunya, karena jika vitamin c di konsumsi dengan dosis yang tinggi dapat menyebabkan efek samping yang membahayakan.

Dilansir dari Healthline, efek yang samping yang dapat ditimbulkan akibat mengonsumsi vitamin c yang berlebihan adalah gangguan pencernaan, terutama jika mengomsumsi vitamin c dalam bentuk suplemen, ditambah dengan dosis 2000mg sekaligus, karena memicu asam lambung.

Mengonsumsi vitamin c dengan dosis tinggi juga dapat menyebabkan kelebihan zat besi, karena sifatnya yang menyerap zat besi. Sebuah studi pada orang dewasa menemukan, bahwa penyerapan zat besi meningkat hingga 67 persen saat seseorang mengonsumsi 100 miligram vitamin C. Terutama bagi yang memiliki kondisi hemochromatosis, atau kondisi dimana kadar zat besi di dalam tubuh berlebihan.

Baca juga: Hati-hati, Ini Efek Samping Jika Konsumsi Vitamin C Melebihi Dosis

Terakhir, meningkatkan risiko batu ginjal, ketika tubuh kelebihan vitamin c maka akan dikeluarkan dari tubuh karena dianggap sebagai oksalat atau limbah tubuh. Oksalat umumnya dikeluarkan melalui urine.

Namun, dalam beberapa kasus, oksalat dapat membentuk kristal yang menimbulkan pembentukan batu ginjal. Hal ini lah mengapa mengonsumsi vitamin c terlalu banyak dapat menyebabkan timbulnya batu ginjal,

Sebuah penelitian pada orang dewasa menemukan, mengonsumsi suplemen vitamin C 1.000 miligram dua kali sehari selama enam hari meningkatkan jumlah oksalat hingga 20 persen. Selain itu, laporan gagal ginjal juga dilaporkan terjadi pada orang yang mengonsumsi lebih dari 2 ribu miligram dalam sehari.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)