home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengintip Prosesi Pemakaman Drive-Thru di Spanyol yang Terjadi Tiap 15 Menit Sekali

Jumat, 10 April 2020 13:50 by reinasoebisono | 915 hits
Mengintip Prosesi Pemakaman Drive-Thru di Spanyol yang Terjadi Tiap 15 Menit Sekali
Imag source: NYPost

DREAMERS.ID - Merujuk dari data John Hopkins University, Spanyol menduduki peringkat tiga besar sebagai negara dengan kasus positif virus corona atau COVID-19 terbanyak. Negara matador ini juga menduduki nomor dua dengan kasus kematian terbanyak.

Mengutip dari Detik, angka kematian yang melonjak di Spanyol ini juga merubah tata cara pemakaman di sana. Bahkan ada pemakaman ‘drive-thru’ jenazah yang terinfeksi virus corona dan ini disebut penanganan yang tepat.

Contohnya di pemakaman La Almudena, Madrid, Spanyol, setiap 15 menit atau lebih, sebuah mobil jenazah berwarna gelap berhenti di depan krematorium. Di mana seorang pendeta katolik, Pastor Edduar menyambut keluatga sebagai penghormatan terakhir.


Image source: CNN

Pelayat juga dibatasi karena pemerintah Spanyol mengatur maksimal tidak boleh lebih dari 5 orang. Sopir mobil membuka bagasi belakang mobil kemudian pastor menyiramkan air suci ke peti mati sebelum staf pemakaman mengemas jenazah tersebut.

Baca juga: Pakar Singgung Indonesia Punya ‘Super Immunity’ Soal Infeksi Corona Dibanding Singapura

Dalam proses awal hingga akhir, pemberkatan hingga doa hanya menghabiskan waktu lima menit. Semua selesai, nyaris tidak ada waktu untuk berpisah, prosesi pemakaman pun tidak disaksikan banyak orang. Bahkan keluarga hanya bisa melihat dari luar mobil.


Image source: NYPost

"Kamu bisa lihat raut wajah mereka, rasa sakit yang besar," ujar Pastor Edduar.

CNN menyebut kota Madrid mendominasi 40 persen kematian virus Corona. Bahkan kamar jenazah di kota ini sudah tidak bisa menangani jumlahnya. Pihak menyebut mereka menguburkan jenazah dua atau tiga kali lebih banyak dari biasanya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)