home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bukan Letusan Krakatau, Isu Lain Dentuman Jakarta-Bogor Berasal dari Sonic Boom?

Sabtu, 11 April 2020 13:37 by reinasoebisono | 5913 hits
Bukan Letusan Krakatau, Isu Lain Dentuman Jakarta-Bogor Berasal dari Sonic Boom?
Image source: Humas BMKG/Twitter

DREAMERS.ID - Selain memang terjadi erupsi dari Gunung Anak Krakatau, warga Jakarta, Bogor dan Tangerang mendengar suara dentuman keras yang menbuat cukup panik pada dini hari tadi.

Sekitar jam 2 pagi, warga ramai membicarakan suara dentuman yang awalnya dianggap sebagai bunyi letusan Krakatau karena bertepatan dengan erupsi. Namun pihak PVMBG telah mengonfirmasi jika hal itu tidak benar.

"Terkait suara dentuman yang beberapa kali terdengar dan membuat resah masyarakat Jabodetabek, sejak tadi malam hingga pagi hari ini pukul 06.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak terjadi aktivitas gempa tektonik yang kekuatannya signifikan di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Provinsi Banten," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangannya, Sabtu (11/4).

"Meskipun ada aktivitas gempa kecil di Selat Sunda pada pukul 22.59 WIB dengan magnitudo M 2,4, gempa ini kekuatannya tidak signifikan dan tidak dirasakan oleh masyarakat. Berdasarkan data tersebut, BMKG memastikan suara dentuman tersebut tidak bersumber dari aktivitas gempa tektonik," jelas Rahmat.

Via Detik, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan pihaknya belum mengetahui sumber suara dentuman itu.

Baca juga: Sempat Disebut Asteroid Lewati Bumi, Ternyata Pos Gunung Gede dan Salak Dengar Suara Keras

"Kami juga belum tahu, barangkali dari sumber lain," kata Kasbani. "Gunung Salak dan Gunung Gede statusnya masih normal. Tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik yang signifikan,"

Dugaan lain adalah suara tersebut berasal dari Sonic Boom atau suara ketika pesawat jet terbang dengan kecepatan melebihi kecepatan suara. TNI AU memastikan tak ada pesawat tempur yang beroperasi pada dini hari tadi.

"Tidak ada pesawat tempur TNI AU yang beroperasi di Jakarta saat ini. Semuanya berada di pangkalan mereka masing-masing," kata Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus Muhammad Yuris.

Hingga kini memang masih belum jelas dari mana suara dentuman itu berasal dan berbagai pihak masih menyelidikinya.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)