home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

200 Negara Berjuang, Bagaimana Bisa Tiga Negara ASEAN Ini Nol Kematian Virus Corona?

Selasa, 14 April 2020 02:24 by reinasoebisono | 11059 hits
200 Negara Berjuang, Bagaimana Bisa Tiga Negara ASEAN Ini Nol Kematian Virus Corona?
Image siurce: Liputan6

DREAMERS.ID - Sudah ada lebih dari 200 negara melaporkan jika terpapar penularan virus corona atau COVID-19. Setiap harinya, ada data total kasus, jumlah pasien meninggal dan jumlah pasien yang sembuh.

Namun ternyata dari negara-negara yang terinfeksi virus corona, ada beberapa wilayah yang memang tidak memiliki angka kematian. Yang berarti, memang warganya masih ada yang sakit, sudah sembuh atau pun memang sehat.

Ada tiga negara tetangga Indonesia, tepatnya di wilayah ASEAN yang memiliki nol kematian kasus COVID-19. Melansir CNBC Indonesia, mereka adalah Vietnam, Laos dan Kamboja.

Sebagaimana dilaporkan Worldometers, Vietnam memiliki 262 kasus corona per Senin (13/4/2020) pukul 09:45 WIB. Dari total itu, 144 orang sembuh dan tidak ada korban jiwa. Sementara di Laos hanya ada 19 kasus dan tanpa kematian, meski belum ada yang sembuh. Sedangkan di Kamboja ada 122 kasus dan 77 di antaranya sembuh. Apa yang sebenarnya dilakukan di dalam negaranya?

Vietnam 

Tindakan cepat
Vietnam berinisiatif cepat menutup penerbangan ke dan dari China. Mereka juga memutuskan untuk menutup sekolah-sekolah setelah liburan tahun baru Imlek. Selanjutnya, semua kendaraan darat seperti bus, mobil sewaan, taksi akan ditangguhkan, kecuali kendaraan layanan pengiriman makanan.

Karantina 21 hari
Dua minggu setelah ditetapkannya pemberhentian penerbangan dari dan ke China, karantina 21 hari diberlakukan di provinsi Vinh Phuc, utara Hanoi. Keputusan itu dipicu kekhawatiran terhadap status kesehatan pekerja migran yang kembali dari Wuhan, China, tempat virus corona pertama kali mewabah.

Baca juga: Pakar Singgung Indonesia Punya ‘Super Immunity’ Soal Infeksi Corona Dibanding Singapura

Physical Distancing
Serupa dengan Indonesia, namun Vietnam mantap menetapkan physical distancing hingga akhir April. Jarak fisik yang mereka lakukan bukan dengan memberhentikan aktivitas perdagangan atau layanan penting, melainkan membatasi masyarakat untuk tidak keluar rumah jika tak ada keperluan mendesak.

Pemerintah di Vietnam juga memberikan ultimatum agar semua masyarakat menggunakan masker di tempat umum seperti supermarket, stasiun, bandara dan semua alat transportasi umum.

Protokol kesehatan 
Perwakilan WHO di Vietnam Dr Kidong Park menghubungkan keberhasilan Vietnam mencegah penyebaran virus corona dengan langkah proaktif dan konsistensi pemerintah. Di antaranya adalah Dokter diharuskan mengobati gejalanya, seperti demam , pasien menjalani diet ketat dan bergizi , hingga memonitor tingkat saturasi oksigen dalam darah pasien.

Laos dan Kamboja

Sementara itu, Laos telah mengunci wilayahnya bahkan saat virus corona baru booming di Cina. Negara itu juga menutup sekolah dan meminta rumah sakit untuk siaga penuh.  Bersama dengan WHO dan mitra, kementerian kesehatan Laos mengembangkan sistem pendeteksi yang kuat guna menanggapi ancaman kesehatan. 

“Ini (termasuk) memiliki laboratorium yang baik dan jaringan epidemiologis wabah terlatih yang tersebar di seluruh negeri," kata Dr Reiko Tsuyuoka, pejabat WHO untuk kasus darurat.

Kamboja sendiri memerintahkan penutupan perbatasan dan wilayah provinsi. Bahkan lockdown secara nasional akan dilakukan 16 April nanti. Institusi dalam negeri juga telah dikerahkan untuk mendiagnosa dan mengidentifikasi kasus corona di seluruh negeri. Alhasil 57,63% kasus dinyatakan sembuh.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)