home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Per 24 April, Pesawat Hingga KA Stop Beroperasi dan Kendaraan Pribadi Dilarang Keluar Jabodetabek

Jumat, 24 April 2020 11:48 by muthiasp | 758 hits
Per 24 April, Pesawat Hingga KA Stop Beroperasi dan Kendaraan Pribadi Dilarang Keluar Jabodetabek
Image source: inilahsultra

DREAMERS.ID - Pemerintah mengeluarkan sejumlah aturan baru terkait operasional transportasi di tengah pandemi corona ini, demi mencegah penyebaran lewat tradisi mudik. Mulai dari pesawat, kapal laut, hingga kereta api yang sudah tidak beroperasi.

Dilansir dari laman Kompas (23/4), Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyebutkan bahwa moda transportasi baik darat, laut, udara, dan kereta api dihentikan sementara hingga batas waktu yang ditentukan mulai 24 April atau hari pertama puasa.

Kendaraan bermotor dilarang beroperasi atau keluar dari Jabodetabek hingga 31 Mei, transportasi udara hingga 1 Juni, transportasi laut hingga 8 Juni, dan kereta api hingga 15 Juni.

Untuk kendaraan pribadi roda dua atau empat, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan pada jalan tol jalur A Jakarta-Cikampek di KM 31 Cikarang Barat kendaraan pribadi dibelokkan ke Karawang untuk kembali ke Jakarta. Serta mendirikan pos di perbatasan Bekasi Karawang yang dijaga dishub polisi dan TNI.

Untuk penerbangan, PT Angkasa Pura II (Persero) mengatakan bahwa Bandara Soetta sementara berstatus terminate operation. Artinya, Bandara Soetta tidak beroperasi untuk penerbangan komersial atau penumpang umum, baik yang terjadwal maupun tidak terjadwal ke seluruh rute domestik dan internasional.

Baca juga: Minat Berburu Flash Sale dan Diskon Tiket Mudik KAI? Cek Dulu Info Memesannya!

Tapi bukan berarti bandara ditutup. Hanya beroperasi terbatas melayani penerbangan khusus dan angkutan kargo. Penerbangan khusus yang dimaksud, antara lain untuk pimpinan lembaga tinggi negara Indonesia dan tamu atau wakil kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional, mengutip CNN.

Untuk kereta api, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri menyatakan bahwa perjalanan penumpang antarkota seluruhnya dibatalkan mulai tanggal 24 April - 31 Mei 2020. Tiket yang sudah terlanjur dipesan, nantinya akan dikembalikan. Sedangkan KRL tetap beroperasi tapi secara terbatas.

Lebih lanjut, pemerintah menyiapkan kereta api luar biasa. Kereta api luar biasa itu disiapkan untuk melayani penanganan pencegahan COVID-19 di lintas Jawa dan di Sumatera apabila diperlukan.

Melansir laman detik, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H Purnomo mengatakan kapal penumpang berhenti operasi sampai 8 Juni 2020. Kecuali kapal yang melayani pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) dan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, kapal yang melayani aparatur negara, seperti TNI, Polri, dan ASN, serta kapal nelayan.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)