home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Konsep New Normal yang Segera Diterapkan Indonesia, Sudah Siap?

Selasa, 26 Mei 2020 12:15 by muthiasp | 2650 hits
Mengenal Konsep New Normal yang Segera Diterapkan Indonesia, Sudah Siap?
Image source: France 24

DREAMERS.ID - Pandemi corona yang melanda dunia dan Indonesia telah mengubah tata cara kehidupan sehari-hari banyak orang. Kini, muncul konsep new normal yang diterapkan di berbagai negara, termasuk akan dijalani juga oleh warga tanah air. Tapi, apa sih new normal?

Dilansir dari laman Kompas, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmita mengatakan, new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

"Secara sosial, kita pasti akan mengalami sesuatu bentuk new normal atau kita harus beradaptasi dengan beraktivitas, dan bekerja, dan tentunya harus mengurangi kontak fisik dengan orang lain, dan menghindari kerumunan, serta bekerja, bersekolah dari rumah," jelas Wiku.

Konsep new normal yang juga dicanangkan oleh WHO ini akan berlangsung hingga ditemukannya vaksin penangkal virus corona, yang diprediksi paling cepat adalah pada tahun 2021 mendatang.

Baca juga: Apple Hadirkan Emoji Masker Tersenyum

Pemerintah pusat maupun daerah pun bersiap untuk menerapkan ini segera. Pada Selasa (26/5), Presiden Jokowi meninjau kesiapan prosedur penerapan new normal di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia, seperti menggunakan masker, pemeriksaan suhu tubuh, hingga menjaga jarak.

Namun bahasan lebih dalam tentang pengurangan PSBB untuk menerapkan konsep new normal masih terus dilakukan. Pasalnya, Jokowi meminta agar dilakukan kajian yang detail sebelum menerapkan kebijakan pengurangan PSBB. Sehingga jika dilakukan, maka memungkinkan publik untuk menjalani kehidupan baru sambil mencegah penularan corona.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan protokol new normal untuk wilayah ibukota masih dalam proses dengan melihat apakah aturan PSBB akan berakhir atau diperpanjang.

(mth)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)