home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jangan Sampai Mubasir, Ini Cara Minum Madu yang Tepat

Rabu, 08 Juli 2020 07:15 by Rie127 | 8057 hits
Jangan Sampai Mubasir, Ini Cara Minum Madu yang Tepat
Image Source: Liputan6

DREAMERS.ID - Madu merupakan salah satu bahan alami yang kaya akan manfaat. Madu biasanya dijadikan sebagai pemanis pengganti. Namun, tetap saja madu tidak boleh dikonsumsi setiap hari karena mengandung gula yang tinggi.

Madu diklaim dapat mengobati berbagai macam penyakit, seperti gangguan pencernaan, mencegah asam lambung, menghindari infeksi, menjaga sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan luka, dan banyak lainnya.

Namun, madu juga harus dikonsumsi dengan cara yang tepat agar berkhasiat. Dilansir dari CNN, berikut ini adalah aturan mengonsumsi madu agar bermanfaat bagi kesehatan.

1. Madu Terbaik

Pilih-lah madu terbaik yakni madu murni, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan gula. Madu murni adalah madu yang dihasilkan secara langsung dari lebah baik, biasanya lebah ini diambil dari hutan ataupun diternak, tanpa dicampurkan bahan lain.

Madu murni memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Namun, saat sudah dicampurkan dengan gula atau bahan lain, khasiat madu akan berkurang.

Baca juga: Benarkah Madu dan Kayu Manis Bisa Bantu Atasi Masalah Jerawat?

2. Takaran

Dikutip dari Dabur Honey, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi 50 gram madu setiap hari dengan air hangat di pagi hari. Takaran ini membantu membersihkan sistem pencernaan dan menyediakan energi di pagi hari.

Untuk ditambahkan ke makanan sebagai pengganti gula, cukup tuangkan 1 sdm madu. Menurut USDA, 1 sdm madu mengandung 64 kalori dan 17,3 gram gula. Kementerian Kesehatan juga merekomendasikan untuk mengonsumsi gula 10 persen dari total energi atau sekitar 200 kkal setara dengan 4 sendok makan atau 50 gram gula per hari.

3. Waktu Mengonsumsi Madu

Ahli nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi madu di pagi hari, atau saat perut masih kosong karena dapat membantu pencernaan dan juga memberikan energi. Sementara itu, konsumsi madu di malam hari dapat membantu tidur nyenyak, membuat tubuh rileks, dan menjaga sistem pencernaan.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)