home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Tips Hindari Doomscrolling, Kecenderungan Scrolling Berita Buruk di Media Sosial

Selasa, 11 Agustus 2020 19:45 by Rie127 | 793 hits
Ini Tips Hindari Doomscrolling, Kecenderungan Scrolling Berita Buruk di Media Sosial
Image Source: 963xke

DREAMERS.ID - Segala sesuatu yang berlebihan pada dasarnya memang tidak baik, termasuk saat mencari dan membaca berita, terlebih saat di tengah pandemi virus corona, masyarakat selalu mencari berita up to date mengenai perkembangan virus covid-19 tersebut.

Doomscrolling atau juga disebut dengan doomsurfing menjadi istilah yang populer sejak pandemi virus corona, bahkan masuk dalam daftar kamus Merriam-Webster. Doomscrolling merupakan kecenderungan untuk terus-menerus berselancar atau menelusuri berita buruk, meskipun itu berita mengecewakan ataupun menyedihkan.

“Dan doomscrolling menjadi mekanisme penanggulangan yang berhubungan dengan ketidakpastian dunia saat ini,” kata seorang Psikoanalis berlisensi yang berbasis di New Jersey, Babita Spinelli dikutip dari laman kesehatan dan kebugaran Mindbodygreen.

Spinelli mengatakan bahwa doomscrolling berpotensi memperburuk kondisi di tengah pandemi. Menjadi khalayak yang update dengan berita terbaru memang penting, namun lebih penting agar tidak melupakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di tengah pandemi.

Untuk itu, Spinelli memberikan tips-tips untuk menghindari doomscrolling, dilansir dari CNN Indonesia:

Baca juga: Doomscrolling, Keinginan Mencari Berita Update yang Memicu Stress

1. Daripada menelusuri media sosial tanpa tujuan, Anda bisa membaca buletin, majalah atau surat kabar yang Anda terima melalui email.

2. Ketika Anda sudah menemukan sejumlah sumber berita maka minimalkan waktu membaca, hindari melanjutkan penelusuran ke situs lain.

3. Untuk mendapat informasi lengkap tentang masalah saat ini, Anda bisa berpastisipasi dengan diskusi online dengan kawan lain.

4. Sebagai pengganti doomscrolling, Anda dapat mendengarkan podcast atau membaca buku tentang tema yang ingin Anda cari.

5. Luangkan waktu, secara fisik maupun virtual, untuk menjadi relawan pada isu yang ingin Anda ketahui atau fokuskan tersebut. Atau Anda juga bisa terlibat dalam donasi dan dukungan lain.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)