home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alami Masalah Berobat, Ini Protokol Kesehatan untuk Pasien Kanker Paru di Tengah Pandemi COVID-19

Kamis, 27 Agustus 2020 12:15 by Rie127 | 599 hits
Alami Masalah Berobat, Ini Protokol Kesehatan untuk Pasien Kanker Paru di Tengah Pandemi COVID-19
Image Source: BBC

DREAMERS.ID - Saat ini, kanker paru merupakan kanker yang paling banyak menyebabkan kematian di Indonesia, terutama pada kaum laki-laki dan menjadi nomor tiga pada perempuan.

Data dari Indonesian Cancer Information & Support Center (CISC) menunjukkan, kanker paru merupakan kanker pembunuh nomor satu dengan total 14 persen dari kematian karena kanker. Angka kematian karena kanker paru di Indonesia bahkan mencapai 88 persen.

Namun, sejak pandemi virus corona, pasien kanker paru sulit untuk mendapatkan pengobatan yang maksimal. Para pasien harus menjalani konsultasi lewat online, dan hanya bertemu langsung dengan dokter jika menjalani prosedur tertentu, seperti kemoterapi.

“Sekarang semua pasien harus punya kontak dokter. Memang mohon maaf, kalau WA suka dibalas terlambat karena memang banyak sekali pasien yang juga kontak di WA. Untuk kemoterapi tetap harus ke rumah sakit,” kata dokter spesialis paru lainnya, Sita Laksmi Andarini dikutip dari CNN Indonesia.

Sita juga menjelaskan, bahwa tindakan untuk pasien kanker paru tidak dapat ditunda. Keterlambatan pengobatan dapat membuat sel kanker menyebar. Agar pasien kanker paru dan kanker lainnya tetap aman menjalani perawatan, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan.

Baca juga: Ada Puluhan Artis Korea Dinyatakan Positif COVID-19 Sepanjang 2021

1. Melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak fisik.

2. Tidak bepergian dan menghindari kerumunan.

3. Menjaga imunitas tubuh dengan makan makanan yang bergizi dan olahraga yang teratur.

4. Menjaga suasana hati tetap senang dan mengelola stres.

5. Menyimpan kontak dokter untuk konsultasi secara daring.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)