home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Makin Kekoreaan, Kenali Perbedaan Sup Khas Korea Guk, Tang, Jjigae, dan Jeongol

Senin, 14 September 2020 09:00 by bonita99 | 1070 hits
Makin Kekoreaan, Kenali Perbedaan Sup Khas Korea Guk, Tang, Jjigae, dan Jeongol
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Makanan sup setiap negara pasti berbeda, mulai dari rasa, isian sup, cara penyajian dan cara memakannya. Korea Selatan dikenal negara paling terobsesi oleh jenis makanan berkuah ini, bahkan punya berbagai versi dengan tekstur dan cara masak berbeda.

Contohnya yang pasti sering kalian dengar dari drama maupun variety show Korea, yaitu miyeok-guk atau sup rumput laut untuk perayaan ulang tahun. Lalu tteok-guk atau sup kue beras untuk Seol (Tahun Baru), kimchi-jjigae atau sup kimchi, serta galbi-tang atau sup iga sapi.

Sebagian besar sup di Korea dikategorikan dalam empat jenis yaitu guk, tang, jjigae, dan jeongol. Berikut perbedaan sup berdasarkan cara sup disiapkan, disajikan, dan dimakan.

Guk 

Guk artinya sup dalam Korea. Guk merupakan sup cair yang memiliki rasio bahan cair dan padat sekitar 7: 3. Kuncinya adalah cairan. Saat disajikan, tidak ada bumbu tambahan yang dicampurkan dan hanya untuk porsi individu ditambah nasi.

Tang 

Baca juga: 3 Sup Khas Korea Selatan yang Lezat Dan Menyehatkan Ini Patut Dicoba

Tang istilah formal untuk GukTang membutuhkan waktu masak lebih lama dibanding Guk. Tang dibagi beberapa jenis seperti maeun-tang (hot pot ikan pedas), untuk makanan bersama. Sedangkan galbi-tang (sup iga sapi) dan seolleong-tang (sup tulang sapi) disajikan dalam porsi individu.

Secara umum, komponen kunci dari tang juga cairan. Dalam penyajian Tang akan ditambah garam, bawang hijau segar, dan pasta cabai pedas bisa ditambahkan sesuai selera yang tidak terdapat di Guk.

Jjigae

Jjigae punya kuah yang lebih kental dan asin daripada sup lainnya, dan mengandung lebih banyak bahan padat daripada Guk. Rasio bahan cair dan padat sekitar 4: 6. Komponen utama jjigae adalah bahan padat seperti sayuran, tahu, ikan atau daging. Penyajian satu pot jjigae bisa untuk satu keluarga, atau dapat memesan porsi sendiri.

Jeongol

Jeongol adalah hidangan hot pot sebagai makanan utama. Jeongol disajikan dengan kaldu yang sudah disiapkan dan dituangkan di atas bahan mentah seperti daging, jeroan, sayuran atau ikan. Saat dimakan, kaldu akan terus ditambahkan ke panci rebusan.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)