home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Berapa Jumlah Vitamin C yang Sebenarnya Dibutuhkan oleh Tubuh?

Senin, 14 September 2020 19:50 by Rie127 | 750 hits
Berapa Jumlah Vitamin C yang Sebenarnya Dibutuhkan oleh Tubuh?
Image Source: Healthline

DREAMERS.ID - Di masa pandemi virus corona, menjaga imun tubuh sangatlah penting untuk terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk melindungi tubuh dari virus COVID-19 yang masih belum mereda.

Seperti yang diketahui bahwa tubuh tidak dapat memproduksi dan menyimpan vitamin C sendiri. Maka dari itu, dilansir dari Mayo Clinic, Ahli gizi bernama Katherine Zeratsky menyarankan agar seseorang perlu menambahkan asupan vitamin C melalui makanan seperti jeruk, stroberi, paprika merah, dan brokoli.

Selain itu, vitamin C juga bisa didapatkan dari berbagai suplemen tubuh. Namun, kandungan vitamin C dalam suplemen disebut tidak terlalu menggiurkan. Suplemen yang beredar umumnya menawarkan kandungan vitamin C sebanyak 500-1.000 miligram. Namun, berapakah jumlah vitamin C yang diperlukan oleh tubuh?

Dilansir dari Healthline, Institute of Medicine mengeluarkan rekomendasi jumlah takaran asupan nutrisi dari makanan atau suplemen. Berikut asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

- Anak- anak (1-3 tahun): 15 miligram

- Anak-anak (4-8 tahun): 25 miligram

- Remaja (9-13 tahun): 45 miligram

Baca juga: Hati-hati, Ini Efek Samping Jika Konsumsi Vitamin C Melebihi Dosis

- Remaja akhir (14-18 tahun) 65-75 miligram

- Perempuan dewasa (19 tahun ke atas): 75 miligram

- Laki-laki dewasa (19 tahun ke atas): 90 miligram

- Ibu hamil: 85 miligram

- Ibu menyusui: 120 miligram

Zeratsky mengatakan, orang dewasa maksimal mengonsumsi vitamin C hingga 2.000 miligram dalam sehari. Namun, konsumsi vitamin C berlebih tidak akan memberikan efek samping serius yang perlu dikhawatirkan.

“Konsumsi suplemen dengan dosis berlebih bisa mengakibatkan diare, muntah, mual, heartburn, kram perut, sakit kepala, dan insomnia,” jelas Zeratsky.

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)