home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Perbedaan Ramen dan Ramyeon yang Sering Dibilang Sama

Rabu, 16 September 2020 15:03 by bonita99 | 3491 hits
Inilah Perbedaan Ramen dan Ramyeon yang Sering Dibilang Sama
Image source: Naver

DREAMERS.ID - Ramen dan Ramyeon merupakan makanan yang populer. Banyak yang mengira kalau dua hidangan ini sama, mungkin sekilas memang terlihat dari penampilan yang sekilas mirip namun nyatanya ini berbeda.

Ramen berasal dari Jepang sedangkan ramyeon dari Korea. Dua makanan populer berbahan dasar mie ini yang sering muncul di drama Korea maupun drama Jepang. Meskipun ramen dan ramyeon sama-sama disajikan dengan hangat dalam mangkuk berisi kuah dan topping lezat.

Jika diteliti lagi, ada lima perbedaan yang signifikan dari ramen dan ramyeon. Melansir laman detik, simak ulasannya berikut ini.

1. Ramen Jepang

Ramen adalah makanan khas Jepang bergaya China menggunakan mie gandum sebagai bahan utama. Kuahnya gurih terbuat dari kaldu ikan, kaldu ayam, daging sapi ataupun babi. Pilihan topping mulai dari irisan daging babi, daging ayam, olahan rebung, hingga telur setengah matang.

2. Ramyeon/Ramyun Korea

Ramyeon identik dengan hidangan mie instan yang direbus dalam panci kuning khas Korea Selatan. Topping ramyeon dilengkapi dengan irisan daging babi atau ayam. Dapat juga menambahkan saus gochujang, dan disajikan bersama kimchi.

Baca juga: 5 Kedai Ramen Halal di Jakarta

3. Kaldu Ramen dan Ramyeon

Ramen memiliki banyak varian kuah kaldu yaitu kuah kaldu shio yang asin gurih, kaldu miso yang gurih manis, dan kaldu kari Jepang bertekstur kental. Ramen ini dibuat secara alami dengan proses pemasakan yang lama dan perlahan.

Sedangkan ramyeon hanya menggunakan bumbu instan. Biasa ditambah wijen dan nori untuk menambah rasa gurih. Kuah ramyeon cenderung pedas dan kental.

4. Jenis mie

Untuk mie ramen cenderung berbentuk kecil dan tipis, ada dua warna yaitu putih dan kekuningan. Sementara mie ramyeon menggunakan mie kering umumnya mie kuning keriting yang agak tebal.

5. Penyajian

Untuk ramyeon bisa disantap di kedai atau toserba maupun di rumah. Sedangkan ramen umumnya hanya bisa dinikmati dengan datang langsung ke kedainya. Ramen juga direkomendasikan untuk tidak dibungkus.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)