home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Menu Olahan Kepiting Khas Korea yang Enak Disantap dengan Nasi Panas

Sabtu, 26 September 2020 11:11 by bonita99 | 974 hits
Menu Olahan Kepiting Khas Korea yang Enak Disantap dengan Nasi Panas
Image source: visitkorea

DREAMERS.ID - Memasuki musim gugur dengan udara yang sudah mulai mendingin, waktu yang tepat untuk menghangatkan badan dengan menyantap makanan hangat. Seperti menu Ganjang Gejang Crab Shell Bibimbap, makanan berbumbu kecap yang menggunakan kepiting mentah khas Korea.

Ganjang gejang memiliki perpaduan antara rasa manis dan asin yang membuat semakin meningkatkan nafsu makan di cuaca dingin. Sensasi utama dari hidangan ganjang gejang bukanlah dagingnya, tetapi cara makan bibimbap atau nasi panas yang disantap di atas cangkang kepiting setelah piring bersih.

Ganjang Gejang dan Yangnyeom Gejang (kepiting bumbu pedas) salah satunya bisa kalian temui di kawasan Sinsa-dong Ganjang Gejang Street. Harganya berkisar antara 70.000 - 100.000 won atau Rp 892 Ribu - Rp 1.2 Juta untuk dua porsi. 

Ada cara khusus untuk menikmati ganjang gejang ala orang Korea, berikut ini.

1. Restoran yang mengkhususkan diri pada gejang (kepiting berbumbu) menawarkan menu seperti ganjang gejang (kepiting asin kecap), yangnyeom gejang (kepiting bumbu pedas), dan agwi jjim (monkfish rebus pedas). Untuk pemula, sebaiknya pilih menu yang memiliki campuran kecap asin dan kepiting pedas.

Baca juga: Restoran Jjamppong No. 1 dari Korea, Ebiga Jjamppong Hadir di Indonesia

2. Karena menu gejang terbilang mahal maka disarankan untuk menyantapnya habis, jangan sampai tersisa. Makan gejang juga lebih nikmat pakai tangan. Sebagian besar restoran akan menyarankan metode makan seperti ini dan menyediakan sarung tangan plastik untuk menjaga tangan pelanggan tetap bersih.

Caranya, pegang bagian kaki dengan cara menahan bagian tubuh kepiting, sehingga memudahkan kamu untuk menghisap daging kepiting tersebut. Yang harus diketahui, rasa asin yang manis akan meningkatkan selera makan.

3. Setelah selesai menikmati gejang, saatnya menikmati daging di cangkang kepiting dengan nasi panas atau yang disebut geddakji bibimbap dalam bahasa Korea. Hidangan khusus ini terdiri dari bumbu pedas dan saus usus kepiting yang disajikan dalam cangkang kepiting.

Ambil dua hingga tiga sendok nasi dan campur dengan saus yang sudah disiapkan, gunakanlah cangkang sebagai mangkuk. Jumlah nasi yang ideal adalah dua pertiga dibandingkan dengan ukuran cangkang, tetapi kamu dapat mengontrol jumlahnya sesuai dengan keinginan kamu. Aduk rata sebelum dinikmati. 

4. Harus coba juga kepiting saus pedas. Berbeda dengan ganjang gejang, yangnyeom gejang menggunakan saus merah pedas untuk menambah rasa pada kepiting, resep yang tidak ditemukan di tempat lain. Memang agak berantakan, tapi cara makannya sama seperti ganjang gejang dengan sensasi rasa yang berbeda.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)