home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terkaya di Dunia, Ini Sumber Harta Raja Thailand Maha Vajiralongkorn

Kamis, 15 Oktober 2020 17:15 by RandyW | 1180 hits
Terkaya di Dunia, Ini Sumber Harta Raja Thailand Maha Vajiralongkorn
Image Source: Media Indonesia

DREAMERS.ID - Outlet media Bussines Insider menobatkan Raja Thailand, Maha Vajiralongkonm menjadi raja terkaya di dunia. Vajiralongkorn naik tahta menjadi raja sejak kematian ayahnya Raja Bhumibol Adulyadej pada 2016.

Tidak seperti ayahnya yang dihormati oleh rakyat Thailand, Maha Vajiralongkorn dikenal sebagi raja yang kerap membuat sensasi. Ia diketahui sudah 4 kali melangsungkan pernikahan, dan punya banyak selir. Vajiralongkorn juga lebih banyak menghabiskan waktunya di Jerman.

Setelah sah menjadi raja, Vajiralongkorn mengalihkan semua kepemilikan di perusahaan besar yang dikenal sebagai Biro Properti Mahkota (CPB) ke kepemilikan pribadinya. CPB merupakan salah satu kekayaan kerajaan terbesar di dunia yang dibangun sejak 1936.

Dikutip dari Kompas, CPB adalah perusahaan induk rahasia yang kepemilikan sahamnya ada di perusahaan-perusahaan blue chip Thailand, tepatnya di ibu kota Bangkok. Perusahaan ini tidak termasuk dalam lembaga pemerintah dan swasta, ataupun bagian dari istana.

Baca juga: Band Hits Thailand Akan Manggung di Jakarta! Intip Detail Konsernya

Berdasarkan laporan Los Angeles Times, Vajiralongkorn diperkirakan memiliki kekayaan senilai 70 miliar dollar AS. Menurut akademisi terkemuka Thailand, Porphant Ouyyanont, raja mempunyai beberapa aset lain. Seperti kepemilikan tanah 5,5 mil persegi senilai 32 miliar dollar AS, yang tersebar di distrik-distrik dengan nilai sewa tinggi di pusat ibu kota Bangkok.

Selain memiliki kekayaan yang tersebar di Thailand, Maha Vajiralongkorn juga dikenal sebagai pemimpin yang otoriter. Ia pernah membawa dua unit militer di bawah komandonya dan mengubah hukum yang mengizinkan dirinya memerintah dari luar negeri, selama tinggal di Jerman.

Dengan semua aset dan kebijakan otoriter itu, tak heran rakyat Thailand ingin menuntut reformasi dalam monarki dan meminta transparansi keuangan Raja Maha Vajiralongkorn.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)