home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Chia Seed Dikenal Menyehatkan Punya 5 Ancaman Efek Samping Lho

Kamis, 15 Oktober 2020 16:15 by SartikaF | 2019 hits
Chia Seed Dikenal Menyehatkan Punya 5 Ancaman Efek Samping Lho
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Hampir sebagian orang sangat senang bila membuat smoothie, puding, atau salad dicampur dengan chia seeds. Walaupun menyehatkan, namun berdasarkan penelitian, chia seeds juga punya efek samping.

Melansir Kompas, sumber ahli gizi nutrisi Erica Zellner mengatakan, bahwa chia seeds adalah sumber nutrisi yang sangat baik, karena termasuk biji-bijian yang mengandung serat, protein, kalsium, mangan, magnesium, fosfor, dan omega 3.

"Chia seeds juga kaya akan antioksidan yang membantu melawan kerusakan sel-sel tubuh," kata Zellner seperti dikutip dari laman Bustle.

Memakan chia seeds dua sendok perhari atau lebih ternyata bisa menyebabkan efek samping. Berikut adalah penjelasan efek samping jika menyantap chia seeds terlalu banyak:

1. Masalah gastrointestinal

Chia seeds memang dikenal baik untuk sistem pencernaan karena mengandung banyak serat. Namun bila memakannya terlalu banyak, maka bisa menyebabkan sakit perut, kembung, diare, sembelit, atau gas.

2. Tekanan menjadi darah rendah

Omega 3 yang terdapat dalam chia seeds dapat menurunkan risiko terkena kanker atau masalah jantung tertentu. Tapi bagi orang yang mengonsumsi obat pengencer darah, omega 3 justru menyebabkan jumlah darah berkurang, jika mengonsumsi chia seeds terlalu banyak. Bahkan mengakibatkan tekanan darah rendah.

Baca juga: Saran Ahli Gizi, 4 Makanan Ini Percepat Penyembuhan dari Covid-19

3. Efek terhadap gula darah

Kandungan serat yang terdapat dalam chia seeds bisa memperlambat pengenceran makan, dan penyerapan makronutrien termasuk gula (glukosa AKA). Hal ini bisa mendorong peningkatan dan penurunan gula darah jika dikonsumsi bersamaan dengan protein dan lemak lain.

Walaupun chia seeds baik pada orang yang sedang menjalani pengobatan gula darah, namun lebih baik konsultasi lebih dulu dengan dokter.

4. Chia seeds dapat memicu alergi

Untuk orang yang memiliki alergi terhadap mint, wijen, atau biji mustrard sebaiknya harus berhati-hati saat memakan chia seeds. Bisa saja memicu alergi yang bisa menyebabkan diare, gatal bibir atau lidah, maupun anafilaksis.

5. Efek kehamilan

Chia seeds sebenarnya aman dan dapat membantu ibu hamil, karena bisa meredakan sembelit. Tetapi jika ibu hamil sebelumnya tidak terbiasa mengonsumsi makanan berserat ini, maka bisa menimbulkan masalah baru. Sebab kehamilan membuat banyak perubahan di tubuh termasuk sistem pencernaan.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)