home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk Kenali Manfaat Makan Rumput Laut yang Belum Diketahui

Kamis, 15 Oktober 2020 18:45 by SartikaF | 650 hits
Yuk Kenali Manfaat Makan Rumput Laut yang Belum Diketahui
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Rumput laut merupakan santapan yang sudah tidak asing lagi bagi warga Asia, terutama di Jepang dan Korea. Bahkan warga Indonesia pun juga sudah sangat kenal dengan makanan rumput laut ini.

Faktanya. rumput laut memiliki ragam dan  jenis yang berbeda-beda, ada lebih dari 10.000 spesies, namun hanya sedikit yang bisa dikonsumsi. Ada yang berbentuk bulat, pipih, tabung atau seperti ranting dahan bercabang-cabang.

Beberapa diantaranya rumput laut yang paling umum dan bisa dikonsumsi adalah yang berjenis selada laut, kelp, arame, wakame, dan nori yang sudah wajib digunakan untuk membungkus sushi. Selain enak, rumput laut juga memiliki kandungan gizi yang melimpah.

Secara keseluruhan semua jenis rumput laut memiliki sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin A, B, C, E dan zat besi serta yodium. Serta kaya akan protein, serat, karbohidrat, dan asam lemak tak jenuh ganda.

Baca juga: Fakta Penelitian Rumput Laut Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kulit!

Hal paling penting yang perlu diketahui, rumput laut merupakan sumber antioksidan, mampu melawan radikal bebas, dan dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker.

Melansir Kompas, Dr. Ahli Gizi Jo Lewin mengatakan, "Jika kita ingin bukti manfaat dari rumput laut, kita hanya perlu melihat orang-orang jepang. Jepang menjadi salah satu negara dengan tingkat harapan hidup tertinggi di dunia."

"Warga di sana memiliki kebiasaan diet yang menonjol, dan memahami pentingnya mengonsumsi rumput laut secara teratur," tulis Lewin untuk BBC Good Food.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)