home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Polemik Kedatangan Prabowo ke Markas Militer AS, Bahas Apa?

Sabtu, 17 Oktober 2020 08:00 by RandyW | 735 hits
Polemik Kedatangan Prabowo ke Markas Militer AS, Bahas Apa?
Image Source: The Jakarta Post

DREAMERS.ID - Menhan Amerika Serikat Mark Esper dikabarkan mengundang Prabowo Subianto ke markas besar militer AS, usai Menteri Pertahanan RI itu diizinkan kembali masuk ke negeri paman sam.

Kunjungan Prabowo merupakan undangan resmi dari Mark Esper untuk membahas sejumlah hal, yang meliputi masalah regional, masalah perdagangan, kerja sama keamanan, aktivitas kemiliteran, dan upaya respon Covid-19.

Prabowo menjadi sorotan tajam oleh sejumlah oraganisasi HAM, mengingat ia pernah masuk daftar hitam AS pada tahun 2000 dan baru mendapatkan izin masuk setelah 20 tahun.

Lewat Amnesty Internasional Indonesia, sejumlah organisasi dan pegiat HAM lantas mengecam keberangkatan Prabowo ke AS. Dalam surat tersebut mereka menyebutkan pertemuan itu sebagai bencana hak asasi manusia bagi Indonesia.

Baca juga: Kenapa Prabowo Sudah Berkunjung Ke Cina-Jepang Padahal Belum Resmi Jadi Presiden?

"Prabowo Subianto adalah mantan jenderal Indonesia yang telah dilarang sejak 2000 memasuki AS karena dugaan keterlibatan langsungnya dalam pelanggaran hak asasi manusia," kata kelompok aktivis HAM dalam sebuah surat kepada Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Walaupun adanya penolakan dari organisasi dan pegiat HAM, pihak Prabowo menanggapi dengan santai. Juru Bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa keberangkatan Prabowo kali ini, untuk memenuhi undangan AS dan memperkuat kerja sama.

"Yang jelas Pak Prabowo di Amerika Serikat memenuhi undangan pemerintah Amerika Serikat. Kemudian memperkuat kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan Amerika Serikat," kata Dahnil.

Kendati demikian Prabowo menghormati kritikan yang disampaikan dan akan tetap berangkat ke AS, "Amerika adalah negara penting, saya diundang dan saya harus memenuhi undangan," kata Prabowo.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)