home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sudah Sarapan Tapi Masih Lapar? Ini 5 Penyebabnya

Rabu, 21 Oktober 2020 07:00 by RizkiSetiawaan | 736 hits
Sudah Sarapan Tapi Masih Lapar? Ini 5 Penyebabnya
Image source: sahabatnestle.co.id

DREAMERS.ID - Sarapan atau makan pagi adalah salah satu kegiataan rutin yang dilakukan pada pagi hari. Tetapi kebanyakan orang masih merasa lapar walaupun baru saja sarapan, meski dalam jumlah banyak. Apa penyebabnya?

Sarapan sangat penting bagi tubuh, setelah tidak adanya asupan ke dalam tubuh selama tidur kurang lebih 6-8 jam. Ada sebagian orang yang sarapannya sekaligus banyak tetapi tak lama kemudian lapar kembali. Ternyata disebabkan oleh kesalahan saat memilih menu sarapan.

Melansir eatingwell via Detik, Lisa Valente, M.S, R.D mengidentifikasi beberapa penyebab orang cepat merasa lapar meski baru sarapan. Mungkin saja kamu mengalami dan kurang mengonsumsi ini saat sarapan.

Kurangnya Asupan Protein


Image source: catatamini.com

Pada umumnya, sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, nasi, ketupat atau mie. Walaupun mengenyangkan tetapi tidak akan bertahan lama. Sebagai gantinya, karbohidrat kompleks yang lebih tinggi serat dan mengenyangkan.

Menurut riset, kalian perlu makan 30g protein saat sarapan. Karena protein bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Kalian bisa dapat protein melalui telur, keju, yogurt, daging atau kacang-kacangan. Ingat, karbohidrat dan protein yang dimakan haruslah seimbang.

Kurangnya Asupan Lemak


Image source: honestdocs.id

Tidak perlu takut gemuk karena memakan lemak. Memang lemak kalorinya lebih besar dari pada protein dan karbohidrat, tetapi lemak lebih mengenyangkan karena perlu proses cerna lebih lama.

Agar kebutuhan lemak tercukupi tanpa takut gemuk, pilihlah lemak baik untuk sarapan, seperti, alpukat, selai kacang, putih telur goreng atau rebus.

Baca juga: Kata Siapa Makan Malam Membuat Gendut? Justru Membuat BB Jadi Turun dan Sehat

Kurangnya Asupan Serat


Image source: honestdocs.id

Sama seperti protein dan lemak, serat juga akan memberi rasa kenyang yang cukup lama. Jika biasanya setelah makan roti tawar masih lapar, coba diganti dengan roti tawar whole wheat atau brown bread.

Kalian juga bisa mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk mendapatkan serat. Atau sereal dari gandum utuh, oatmeal, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Makanan yang Tinggi Gula


Image source: elements.envato.com

Kalau kalian suka mekanan manis untuk sarapan seperti cinnamon roll, muffin, atau berbagai roti manis lainya, sudah bisa dipastikan akan mudah lapar kembali, karena makan tersebut mengandung gula yang tinggi dan akan cepat diserap tubuh lalu membuat gula darah naik.

Kamu bisa menggantinya dengan sarapan roti gadum telur, atau sereal gandum utuh dengan yogurt tawar dan potongan buah segar.

Porsi Makanan yang Terlalu Sedikit atau Kecil


Image source: klikdokter.com

Mengurangi kalori tidak lantas makan dengan jumlah sedikit, tetapi perhatikan porsi wajar dan jenis menu sarapan. Tidak masalah sarapan sedikit lebih banyak, asal jangan berlebih, hingga perut terasa hampir kenyang.

Pasalnya, jika perut terlalu lapar di pagi hari akan medorong kamu makan lebih banyak di siang hari. Kalian masih bisa menggantinya dengan ngemil buah-buahan segar atau kacang-kacangan sebelum makan siang, apabila perlu.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)