home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kenali Kondisi Kesehatan Tubuh dari 5 Ciri Perubahan Kulit Ini

Selasa, 20 Oktober 2020 17:45 by SartikaF | 1106 hits
Kenali Kondisi Kesehatan Tubuh dari 5 Ciri Perubahan Kulit Ini
Image source: Mybeautyqueens

DREAMERS.ID - Kulit merupakan salah satu organ di tubuh manusia yang terus tumbuh dan mengikuti kondisi kesehatan dari pemiliknya. Terkadang, penyakit tertentu bisa diketahui hanya melihat dari kondisi kulitnya saja.

Dr. Jillian Macdonald, seorang dokter kulit di The Ottawa Clinic mengatakan bahwa kondisi kulit bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang mendasarinya. Melansir dari Best Health via Liputan6, berikut deretan kondisi kulit yang bisa menggambarkan kondisi kesehatan pada tubuh kalian.

1. Munculnya bulu pada wajah

Wajar bagi pria, namun tidak untuk wanita. Untuk wanita, rambut wajah yang tumbuh secara berlebihan bisa menjadi tanda hormon yang tidak seimbang. Hal ini bisa menjadi tanda dari sindrom ovarium polikistik yang berhubungan dengan gangguan kesuburan.

2. Lingkaran hitam mata panda

Lingkaran berwarna gelap pada bagian bawah mata bisa jadi merupakan kombinasi faktor genetika, usia, atau gaya hidup. Dikutip dari Dr. Macdonald, kulit gelap di bawah mata juga bisa disebabkan oleh kekurangan nutrisi, dehidrasi atau kurang tidur.

3. Kulit kering

Kulit kering bisa menjadi tanda tubuh tengah mengalami perubahan atau penyakit tertentu. Misalnya, perubahan hormon pada wanita paruh baya menjelang menopause. Selain itu, beberapa kondisi seperti diabetes, gangguan tiroid, dan kurang gizi juga dapat menyebabkan kulit kering.

Jika Anda memiliki kulit yang kering dan pelembap tidak berhasil menghilangkannya, periksakan kesehatan lebih lanjut. Dr. Macdonald mengatakan bahwa kulit kering kronis biasanya disebabkan oleh dua hal yaitu eksim dan kekeringan umum yang disebabkan oleh cuaca.

Eksim merupakan suatu kondisi peradangan kulit yang kronis dan dapat menyebabkan kulit kering, gatal, meradang dan pecah-pecah.

4. Bintik-bintik kecil

Bintik-bintik kecil tumbuh di wajah perlu diperhatikan juga. Pasalnya, bisa jadi itu bukan bintik biasa melainkan gejala kanker kulit.

5. Bercak Gelap di Wajah

Bercak gelap atau yang juga dikenal sebagai melasma biasanya dikaitkan dengan hormon wanita, utamanya ketika hamil. Walau tidak ada masalah kesehatan parah yang mendasari, tetapi bisa disebabkan oleh lonjakan hormon akibat paparan sinar matahari.

(srtk)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)