home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kakeibo, Cara Menabung Sederhana Ala Orang Jepang

Rabu, 21 Oktober 2020 13:15 by bonita99 | 1486 hits
Kakeibo, Cara Menabung Sederhana Ala Orang Jepang
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Kegiatan menabung memang terdengar mudah, namun pada praktiknya menabung sulit untuk diterapkan. Selalu tergoda untuk membeli sesuatu yang akibatnya mengeluarkan uang terus-menerus. Jika kamu ingin menabung dengan cara yang sederhana, kamu bisa ikuti metode kakeibo.

Kakeibo atau jurnal penganggaran ditemukan oleh jurnalis perempuan pertama dari Jepang, Hani Motoko, pada awal 1900-an, untuk membantu perempuan mengatur keuangan. Konsepnya adalah menulis rencana yang akan kamu lakukan di dalam jurnalmu.

Melansir Kompas.com, berikut lima cara untuk menerapkan kakeibo dalam kehidupan sehari-hari.

Fokus pada pengeluaran

Filosofi kakeibo mengatakan, untuk menabung dengan baik tentu perlu menggunakan uang dengan baik. Artinya, ketika kamu melihat aktivitas menabung sebagai suatu keharusan, itu akan menjadi sebuah tugas. Tetapi, jika kamu memandangnya sebagai sesuatu yang membantu untuk membelanjakan sesuatu keinginanmu, maka akan ada dorongan untuk menabung.

Catat semuanya

Ketika kamu mengelola sebuah jurnal penganggaran, pada dasarnya yang kamu lakukan adalah mencatat jumlah pengeluaran. Cobalah untuk menuliskannya secara langung di jurnal fisikmu. Maka, kamu memberi dirimu sendiri waktu dan ruang untuk melihat pengeluaran secara detail. Catat semua pengeluaran pokok bulanan, sisanya kamu belanjakan atau ditabung.

Jujur tentang keinginan dan kebutuhan

Setelah mengetahui berapa banyak uang yang harus kamu sisakan, kamu akan menyadari apa yang kamu inginkan dan butuhkan. Tahapan ini akan membuatmu menyadari perbedaan hal-hal yang mutlak antara kebutuhan atau hanya keinginan. Maka kamu bisa mengetahui di mana pengeluaran harus dikurangi.

Hindari menggunakan kartu kredit

Hindari berbelanja menggunakan kartu kredit, cobalah tarik tunai uang di awal setiap bulannya, dan bagi dalam amplop berlabel. Maka kecil kemungkinan untuk membelanjakan uang dalam amplop-amplop tersebut untuk hal-hal seperti nongkrong di kafe, jajan camilan, dan lainnya.

Lihat perkembanganmu setiap akhir bulan

Setiap akhir bulan, kamu lihat kembali jurnal penganggaranmu. Kemudian, periksa pengeluaranmu dengan rapi. Pada awalnya mungkin jumlah tabunganmu tidak besar, tetapi saat kamu mengerjakannya secara konsisten, jumlah uang yang telah ditabung atau dihemat ternyata cukup lumayan.

(bnt)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)