home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wanita Haid Tidak Boleh Datang ke Pulau Komodo, Ini Faktanya

Kamis, 29 Oktober 2020 07:30 by RizkiSetiawaan | 1567 hits
Wanita Haid Tidak Boleh Datang ke Pulau Komodo, Ini Faktanya
Image Source:Simphortour.com

DREAMERS.ID - Kata #SaveKomodo kini telah menjadi perbincangan para netizen, yang dibuat cemas oleh kabar pemugaran situs warisan dunia Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Pasalnya, wisata Pulau Komodo akan dibangun seperti layaknya di film Jurassic Park.

Namun ada semacam aturan khusus untuk para wanita yang sedang haid, tidak boleh masuk ke kawasan Pulau Komodo. Mengapa? Melansir dari halam resmi LIPI via CNN Indonesia, Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Evy Ayu Arida, mengatakan perempuan yang sedang haid akan menarik perhatian para komodo.

“Jangan coba-coba, menstruasi kan hanya tiga hari sampai empat hari, jangan di waktu itu, kita tidak tahu apa yang akan terjadi, nanti tujuannya melihat komodo malah komodo nanti yang lihatin kita,” ujar Evy dalam diskusi publik.

Apa sebenarnya yang membuat wanita tidak boleh dateng ke Pulau Komodo saat menstruasi? Mengutip Smithsonian, komodo bisa mencium bau darah (termasuk darah haid) dan juga aroma kematian dalam radius 9,6 km. Bau darah disebut akan memancing komodo untuk mendekat.

Di sisi lain, menurut Gregorius Afioma, dari LSM Sunspirit, komodo termasuk binatang yang tak agresif. Artinya sekalipun komodo mencium bau darah, mereka tak akan langsung memangsa targetnya. Walau bisa lari hingga 20km/jam, komodo tak gemar mengejar mangsanya. Hewan berdarah dingin ini lebih suka membuat jebakan untuk mencari makan.

(kiki)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)