home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perancis Tuai Kecaman Umat Islam Dunia Akibat Kartun Nabi, Presiden Disebut Hilang Akal Sehat

Rabu, 28 Oktober 2020 21:41 by RandyW | 2056 hits
Perancis Tuai Kecaman Umat Islam Dunia Akibat Kartun Nabi, Presiden Disebut Hilang Akal Sehat
Image Source: Minews ID

DREAMERS.ID - Perancis kini sedang menjadi sorotan dunia terkait kartun Nabi Muhammad yang kembali muncul di sana. Serta pernyataan presiden Emmanuel Macron tentang Islam yang menuai pro kontra sampai disebut hilang akal oleh presiden Turki, Erdogan.

Pernyataan dari Presiden Perancis Emmanuel Marcon yang menyebutkan Islam sebagai teroris, setelah munculnya kasus guru yang ditusuk dan dipenggal karena menggunakan karikatur Nabi Muhammad dalam pembelajaran kebebasan berekspresi.

Umat muslim mempercayai bahwa penggambaran Nabi adalah suatu penghinaan dan penghujatan, dan hal ini lah yang membuat umat muslim di dunia marah. Seruan memboikot barang-barang Perancis menjadi bentuk protes terhadap pernyataan Marcon yang tidak melarang pencetakan karikatur Nabi Muhammad.

Reaksi yang sama ditunjukan oleh presiden Turki, Reccep Tayyip Erdorgan yang menyerukan umat muslim di beberapa negara untuk memboikot Perancis. Alhasil sejumlah toko menarik produk buatan Perancis dari etalase toko.

Baca juga: Heboh Rumor Ibu Negara Perancis Transgender dan Terlahir Sebagai Pria?

Tidak sampai disitu, Erdorgan menyampaikan suaranya kepada Arab agar warganya menolak barang Perancis. "Jangan pernah memberi keuntungan pada barang-barang berlabel Perancis, jangan membelinya," kata Erdogan dalam pidatonya yang disiarkan Ankara.

Erdogan juga mempertanyakan kesehatan mental Marcon dan menyebutnya 'kehilangan akal sehatnya' karena masalah tersebut. Selain Turki, negara lain yang memprotes pernyataan Marcon adalah Inggris, Kuwait, Qatar, Palestina, Mesir, Aljazair, Yordania, Arab Saudi, termasuk Indonesia.

Melansir dari VOA, kelompok yang menyebut diri Aksi Komite Perjuangan Umat bersama kelompok islamis lainnya, berencana mengadakan demonstrasi menuju kedutaan Perancis di Jakarta pada Jumat 30 Oktober untuk mengecam dan menghimbau boikot produk Perancis.

(rnd)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)